Bidik Predikat PTN Informatif, UBB Bergerak Cepat

Penulis: Editor | Ditulis pada 07 Juni 2021 11:30 WIB | Diupdate pada 07 Juni 2021 11:30 WIB


MERAWANG, UBB - Menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergolong “Informatif” berdasarkan penilaian Komisi Informasi Pusat adalah target yang sedang diseriusi oleh UBB tahun ini. Untuk mencapai target tersebut, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UBB dengan menggandeng Komisi Informasi (KI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai bergerak cepat dengan perencanaan yang mantap.

Pada Rabu (02 Juni 2021), PPID UBB Bersama dengan Ketua KI Bangka Belitung, Syawaludin, M.H., mengadakan Workshop dengan fokus pada pembahasan teknis bagaimana langkah-langkah strategis yang perlu diimplementasi oleh PPID UBB ke depan, agar betul-betul bisa membawa UBB menjadi PTN yang informatif. Mulai dari pembahasan mengenai kelengkapan administrasi dan regulasi di level perguruan tinggi yang harus disiapkan, hingga sampai pada perumusan dan kesepakatan mengenai beberapa kegiatan jangka pendek dan menengah, yang sifatnya mendorong transparansi informasi UBB kepada publik.

Pada Workshop itu juga, Syawaludin menegaskan, dalam menyedia atau mempublish informasi, PPID UBB perlu membuat daftar rincian/kategori seperti, Informasi Publik Tersedia Setiap Saat, Informasi Publik Berkala, dan Informasi Serta Merta. Menurut Syawaludin ini penting dilakukan untuk patokan kerja PPID UBB.

“Yang termasuk kategori Informasi Publik Tersedia Setiap Saat itu contohnya regulasi yang ada di UBB, hasil penelitian UBB, dan data perbendaharaan atau data inventaris. Kategori informasi publik berkala itu contohnya pengadaan barang dan jasa, laporan layanan informasi public, laporan informasi keuangan. Sementara kategori informasi serta merta tersebut misalnya informasi terkait protokol pencegahan covid-19 di lingkungan UBB dan surat edaran untuk mahasiswa.” Ungkap Syawaludin, Ketua KI Provinsi Bangka Belitung.

Pada Workshop yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB tersebut, hadir Ketua Pelaksana PPID UBB, Riwan Kusmiadi, M.Si; Sekretaris PPID UBB, Hesty, M.Pd.; Ketua Bidang Informasi dan Dokumentasi, Agus Susanto, S.Pd.I ; serta para staff pegawai rektorat yang tergabung sebagai pengurus PPID UBB.

Sebagai informasi, pada tahun 2020 kemarin, ada 9 (Sembilan) Perguruan Tinggi Negeri yang tergolong Informatif menurut KI Pusat. Kampus-kampus tersebut adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Malang, Institut Pertanian Bogor, Universitas Lampung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Udayana, dan Universitas Indonesia.

“Ke depannya, UBB berkomitmen untuk menjadi salah satu PTN yang akan bergabung dengan 9 kampus di atas,” ungkap Riwan Kusmiadi di kegiatan Workshop Bersama KI Bangka Belitung, pada Rabu (02 Juni 2021). (Hz/humas)


Topik

PPID_UBB
. ayar