Kabar Baik, Dosen dan Mahasiswa UBB Bebas Akses Data di Bawaslu Babel

Penulis: Editor | Ditulis pada 16 Juni 2021 10:21 WIB | Diupdate pada 16 Juni 2021 10:21 WIB


MERAWANG, UBB - Buah dari kerja sama antara Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bawaslu Babel), mulai sekarang para dosen dan mahasiswa UBB dibukakan seluas-luasnya data di Bawaslu Babel untuk kepentingan riset, penulisan ataupun menganalisis.

Hal ini ditegaskan langsung oleh Ketua Komisioner Bawaslu Babel, Edy Irawan, S.Ag., M.H., maupun oleh Rektor UBB, Dr. Ibrahim, M.Si., pada acara pendatanganan MoU.

Acara yang juga diisi dengan Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Bawaslu Babel ini berlangsung di Gedung Balai Besar Peradaban, Kampus Terpadu UBB (Selasa, 15 Juni 2021). Diikuti oleh para perwakilan mahasiswa Fakultas Hukum dan FISIP UBB.

"Dibukanya akses data terkait politik elektoral di Babel, khususnya mengenai pengawasan Pemilu, menjadi penting bagi para dosen dan mahasiswa untuk kepentingan riset dan/atau sekadar sebagai basis argumentasi ketika menulis opini dan berbicara", ungkap Ibrahim, dalam sambutannya.

"Apalagi berdasarkan pantauan saya, masih banyak mahasiswa yang menulis opini tentang politik elektoral, betul-betul opini yang subjektif. Kering data. Oleh karenanya, dengan terbukanya pintu oleh Bawaslu Babel ini, mudah-mudahan akan bermunculan tulisan mahasiswa yang lebih kuat dari sisi datanya", tambah Ibrahim.

Menyambung apa yang disampaikan oleh Dr. Ibrahim, M.Si.,  Edy Irawan (Ketua Komisioner Bawaslu Babel) menawarkan baik kepada mahasiswa maupun dosen UBB untuk berkontribusi mengirimkan tulisan dalam bentuk artikel opini ke website instansi mereka.

UBB Sudah Sering Terlibat dalam Kegiatan Bawaslu Babel

Dalam sambutannya, Edy juga menegaskan, selama ini UBB telah banyak berkontribusi dalam menyukseskan penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu bersama Bawaslu.

"Biasanya sebelum pandemi, pada setiap pergelaran Pemilu, mahasiswa-mahasiswa UBB selalu dilibatkan secara aktif oleh Bawaslu, baik dalam mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya mewujudkan pemilu yang bersih, maupun ikut berpartisipasi secara langsung dalam pengawasan pemilu," Ujar Edy Irawan.

Adapun pada sesi acara Sosialisasi PPID Bawaslu Babel,  Dr. ibrahim, M.Si dengan background beliau sebagai dosen Ilmu Politik, juga tampil sebagai salah satu narasumber, selain Syawaludin, M.H (Ketua KID Babel) dan Dewi Rusmala, M.Pd. (Anggota Komisioner Bawaslu Babel). (Hz/humas)


Topik

BAWASLU REKTOR_UBB Dr._Ibrahim,_S.Fil.,_M.Si
. ayar