Rektor UBB Panen Produk Unggulan dari Prodi Agroteknologi

Penulis: Editor | Ditulis pada 13 Juli 2021 11:20 WIB | Diupdate pada 13 Juli 2021 11:20 WIB


MERAWANG, UBB - Penanaman dengan menggunakan sistem hidroponik menjadi salah satu teknologi unggulan di Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi  Universitas Bangka Belitung (FPPB UBB). Selada (Lactuca sativa L) salah satu jenis tanaman hidroponik yang sedang digarap para dosen dan mahasiswa di Kebun Percobaan dan Penelitian (KP2), di salah satu sudut Kampus Terpadu UBB.

Pada Senin (12/07) Rektor UBB, Dr. Ibrahim, M.Si., bersama para Wakil Rektor mendapati kesempatan untuk memanen secara langsung tanaman salada hijau yang dimaksud. Di sela-sela aktivitas memanen, Rektor mengungkapkan, bahwa Beliau sangat mendukung agar teknologi penanaman hidroponik seperti yang disaksikannya secara langsung tersebut dapat terus terealisasi, bahkan harus dikembangkan secara massif.

"Kuantitas penanaman selada atau sayuran jenis lainnya dengan sistem hidroponik ini perlu ditambah, sehingga nanti pada saat panen seperti ini, kita bisa mengajak para stakeholders terkait, bisa dari pihak Dinas Pertanian atau bahkan Gubernur Babel", ungkap Ibrahim.

Selaku ketua tim program penanaman Hidroponik ini, Dr. Eries Dyah Mustika Rini, M.Si. mengatakan, kegiatan ini terealisasi atas support dana dari LPPM UBB. Beliau juga menambahkan bahwa, di Kebun Percoban dan Penelitian ini, tidak hanya ada tanaman hidroponik semata.

"Selain penanaman selada hijau dengan sistem hidroponik, di kebun percobaan ini juga ada pembibitan aneka bunga dan buah-buahan", ujar Ibu Eries.

Adapun Selada Hijau yang dipanen Rektor dan para Wakil Rektor tersebut, sudah bisa dipanen hanya dengan waktu 30 hari penanaman.

"Seminggu yang lalu kami juga sudah panen tanaman salada. Lokasi hidroponiknya di sebelah tanaman hidroponik yang Pak Rektor panen hari ini", tambahnya. (hz/humas)


Topik

FPPB_UBB Agroteknologi_UBB
. ayar