Ratusan Camaba UBB Menunggu Giliran Untuk Verifikasi Data

VERIFIKASI DATA - Alumni SLTA yang lulus Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) 2017, menunggu  pangilan untuk daftar ulang dan verifikasi data berdasarkan nomor urut antrian di ruang Aula Rektorat Gedung Babel IV Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung (UBB), rabu (2/8) pagi, mereka adalah calon mahasiswa baru (Camaba) yang diterima di UBB lewat jalur mandiri.

MERAWANG, UBB -  Sedari pagi ratusan calon mahasiswa baru (Camaba) Universitas Bangka Belitung (UBB) menanti panggilan antrian untuk melakukan verifikasi data dan daftar ulang bagi para peserta yang telah dinyatakan lulus Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) 2017. Verifikasi data dan daftar ulang akan dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 2 s.d 3 Agustus 2017 bertempat diruang Aula Rektorat Babel IV Kampus Terpadu UBB Balunijuk.

Camaba yang telah hadir diarahkan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UBB untuk menunggu di tenda, untuk selanjutnya diberikan pengarahan serta membagikan nomor urut antrian kepada siswa yang hadir agar tertib dan teratur pada saat registrasi. Mereka juga disarankan untuk memeriksa kembali dokumen yang harus dibawa seperti bukti pendaftaran, bukti pembayaran, Surat Tanda Lulus, Ijasah, rapor, daftar nilai UN, dan lain-lain, dimana kesemuanya telah dilegalisir dan diperlihatkan aslinya.

Seluruh dokumen yang dimuat ketika  verifikasi on-line pada saat verifikasi dan daftar ulang hari ini, harus diperlihatkan kepada Panitia PMB. Panitia juga membagikan lembaran surat pernyataan berupa peraturan akademik UBB, pernyataan uang kuliah tunggal (UKT), dan Bidikmisi yang harus diisi oleh Camaba yang sudah datang lebih awal.

Saat ditemui beberapa camaba yang telah menunggu di tenda, mereka begitu bersahaja dan mengaku merasa puas karena tidak ada kendala yang berarti meskipun mereka harus mengantri sangat panjang, asal mereka bisa diterima di UBB dan berkas yang dibawapun tidak ada yang kurang.   

“lah dari jam 7 pagi tadi datang pak,  Alhamdulillah lah dapet nomor antrian, semuanya lancar dan besyukur diterima di UBB”, ujar Asri, pada humas UBB.

Mereka mengaku telah mengantri sejak pukul 7.00 pagi dan sudah banyak melakukan persiapan yang ditentukan oleh pihak kampus. Diantara mereka juga banyak juga didampingi oleh orang tua dan bahkan datang dari berbagai daerah. Bahkan dari para orang tua camaba juga banyak menanyakan lokasi kos-kosan yang dekat dari lingkungan kampus.  

Di setiap loket perjurusan saat daftar ulang, nampak camaba menunjukkan berkas-berkas yang dibawa, mereka diminta untuk memperlihatkan berkas-berkas agar tidak ada yang terlewatkan. Bagi yang sudah ditentukan besaran UKT nya, bisa langsung melakukan registrasi dan verifikasi data. Para camaba setelah selesai verifikasi data, harus kembali antrian untuk mendapat giliran berfoto dengan menggunakan jas almamater UBB, untuk dapat dibuatkan sebagai kartu tanda mahasiswa (KTM) nantinya. 

Sedangkan untuk yang UKT nya belum ditentukan, harus melakukan konsultasi UKT kepanitia PMB, karna saat registrasi online ada data atau dokumen yang kurang. Berbeda lagi untuk para peserta bidikmisi yang harus menunggu beberapa tahap, seperti wawancara dan pemeriksaan kelengkapan data pendukung lain (Surat Keterangan Tidak Mampu, Slip Gaji Orang Tua, Kartu Keluarga, Foto tempat tingal, Kartu pendaftaran BIDIKMISI 2017 dll), serta akan dilakukan surve nantinya oleh panitia, sehingga dapat  ditentukan layak menerima Bidikmisi atau tidak. 

Sampai saat ini, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UBB masih melakukan verifikasi data camaba yang sudah daftar ulang, dan selanjutnya dari jumlah tersebut akan diketahui besok sore (kamis, 3/8) berapa siswa yang telah melakukan daftar ulang dan dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru UBB. Sementara itu  bagi Camaba yang dinyatakan lulus SMM PTN-Barat 2017, namun  tidak mendaftar ulang dan verifikasi data sampai waktu yang telah ditentukan, sesuai dengan aturan berlaku, dianggap mengundurkan diri menjadi calon mahasiswa UBB. (Ags/Humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.