berita

TINJAU AKUAPONIK – Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi (tengah) meninjau teknologi akuaponik yang disosialisasi mahasiswa KKN UBB di Desa Manggar.  Tampak dalam gambar, rektor didampingi Ketua DPL KKN Beltim  Irma Akhirianti  tokoh masyarakat Desa Baru dan mahasiswa KKN UBB.

MANGGAR, UBB --   Ingin bercocok tanam,  tapi tinggal di perkotaan. Bisa tidak ya?  Jawabannya bisa!  Tapi bukan bercocok tanam konvensional,   melainkan secara akuaponik.

Teknologi akuaponik sudah lama populer.  Terutama bagi warga yang tinggal di kota-kota besar.  Namun untuk Kota Manggar dan sekitarnya, nama akuaponik masih asing; belum banyak dikenal.

Calon pelamar tenaga kependidikan tampak serius mengerjakan soal-soal test kopetensi dasar dan psikologi, pada pelaksanaan rekrutmen pegawai non PNS (Pegawai Negeri Sipil) dilingkungan Universitas Bangka Belitung (UBB), yang berlangsung diruang aula Rektorat Gedung Babel IV Kampus Terpadu UBB, Senin (21/08/2017) pagi.

LUNCUR SITUS WISATA --  Mahasiswa KKN UBB meluncurkan situs wisata www.wisatajelitik.com,  ditandai dengan Lurah Jelitik Meirina Karulin Duwiva SIP MSi, yang didampingi tiga mahasiswi KKN UBB  --  Delta Rizky Damayanti (Prodi Ilmu Hukum), Patmawati (Prodi Teknik Elektro) dan Yena Elsira (Teknik Elektro) --  mengakses  kemudian   menyelusuri isi (content) situs wisata tersebut.

JELITIK, UBB --   Sebanyak 44 mahasiswa  UBB yang  melaksanakan  KKN (Kuliah Kerja Nyata) di  Kawasan Wisata Jelitik, Sungailiat,  menoreh sejarah baru di bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk pemasaran kepariwisataan Bangka Belitung.    

Pembukaan Spesivik XII Universitas Bangka Belitung (UBB) di tandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Wakil Rektor I UBB Dr Ir Ismed Inonu MSi, didampingi Wakil Rektor III Fadillah Sobri ST MT, serta diikuti oleh Dekan masing-masing Fakultas, Ketua Pelaksana Spesivik dan Presiden Mahasiswa UBB, dilapangan parkir Fakultas Teknik (FT) Kampus Terpadu UBB Balunijuk.

CANGKANG BERHARGA --  Berkat kreativitas mahasiswa KKN UBB, cangkang rajungan (kepiting) yang semula dibuang begitu saja sebagai sampah, kini berubah wujud menjadi cinderamata eksotis dan bernilai seni tinggi. Dalam gambar, mahasiswa KKN UBB di Penagan berfose di depan cinderamata buatan mereka yang terbuat dari cangkang rajungan.

PENAGAN, UBB –   Pemda Bangka konsen, antusias dan serius mengembangkan hutan wisata  mangrove di Pantai Tanjung Raya, Penagan, menjadi destinasi wisata andalan di  kawasan Mendo Barat.

HATI YANG TINGGAL --  Meski Senin (21/08/2017) ke  41 mahasiswa KKN UBB di Penagan,  telah kembali ke Kampus Terpadu UBB di Balunijuk, Merawang, namun ‘hati’ mereka tetap ‘tinggal’ di desa yang berada di tepi laut itu (Penagan).   Dalam gambar, Rektor UBB Muh Yusuf didampingi Camat Mendo Barat Basuni dan DPL KKN  UBB serta mahasiswa KKN UBB  berfose di depan hutan wisata mangrove di Pantai Tanjung Raya, Penagan. 

PENAGAN, UBB --  Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Dr Ir Muh Yusuf MSi minta kepada pemdes dan masyarakat Penagan, Mendo Barat, menjaga  hutan wisata mangrove di Pantai Tanjung Raya, Penagan,  meski  41 mahasiswa KKN UBB kembali ke  Kampus Terpadu di Balunijuk, Merawang.

TANAM MANGROVE --  Dari kiri ke kanan, Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi, Camat Mend Barat Basuni, DPL KKN UBB Amelia, Pjs Kades Penagan Jalaludin dan Ketua KKN UBB Muhammad Firman menanam bibit mangroove di Pantai Tanjung Raya.  Tampak dalam gambar, ‘track’ hutan wisata mangrove sepanjang 500 meter yang dibuat mahasiswa KKN UBB dipadati pengunjung.  

PENAGAN, UBB --   Anda pernah ke Pantai Tanjung Raya, Penagan? Bila belum, atau sudah pun, kunjungilah  pantai  di Mendo Barat itu. Ada yang ‘menggoda’ di pantai yang berjarak 60 km  dari Kota Pangkalpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

POSTER SELAMAT DATANG -- Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi (tengah, baju merah) berfoto bersama tujuh pramuka yang  membawa tujuh poster “Selamat Datang Bapak Rektor Universitas Bangka Belitung” di Pantai Tanjung Raya, Penagan, Sabtu (19/08/2017) pagi.  

PENAGAN, UBB --    Kejutan demi kejutan mewarnai kunjungan Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi ke Desa Penagan, Mendo Barat,  Sabtu (19/08/2017) pagi. Baru turun dari kendaraan dinas rektor, setiba di Pantai Tanjung Raya  ia  sudah ‘dikepung’ puluhan siswa berseragam pramuka.

TANAM DUA VARIETAS -- Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Ir Ismed Inonu (kiri) berserta anggota Gapoktan menaman  Varietas Sulutan Unsrat 1 dan Situ Bagendit di petak percontohan padi sawah KKN UBB Angkatan ke 12  di lahan persawahan Gapoktan Balunijuk, Merawang, Bangka.  

BALUNIJUK, UBB --  Petani padi sawah di Desa Balunijuk, Merawang, mengeluhkan sejumlah persoalan terkait dengan kondisi lahan, varietas dan hama persawahan mereka.  Untuk menjawab persoalan itu, 38 mahasiswa KKN  UBB  membuat ‘demo-plot’ (petak percontohan) dengan menanam varietas Sulutan Unsrat 1 dan Situ Bagendit.

Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi Irup Upacara, diikuti oleh seluruh peserta upacara memberikan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, di halaman parkir Fakultas Teknik Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung (UBB), Desa Balunijuk, Kamis (17/08/2017) pagi.

Halaman

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.