artikel lengkap |
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung, Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 


Berikut kami sampaikan bahwa Tes Kompetensi Dasar CPNS di lingkungan Universitas Bangka Belitung akan dilaksanakan mulai tanggal 7 Oktober 2014 berdasarkan nomor sesi masing-masing peserta, di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang telah ditentukan. Berdasarkan zona tes yang telah dipilih, nama-nama peserta, tempat dan waktu/sesi pelaksanaan TKD ditetapkan sebagaimana tabel terlampir.Peserta dapat mengikuti TKD hanya di tempat dan waktu/sesi yang telah ditetapkan tersebut.
 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
 
 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung

Tim Eksplorasi Terumbu Karang UBB Lakukan Penanaman Rumpon Attractor Cumi Bersama Nelayan Matras Sungailiat


Tim Eksplorasi Terumbu Karang UBB bersama Nelayan Matras Sungailiat melakukan penenggelaman rumpon attractor cumi pada Kamis, 28/04/2011 di perairan sekitar Pantai Matras. Rumpon yang dipasang merupakan rumpon yang dirancang untuk menjadi tempat bertelur cumi-cumi (Loligo sp.) dan sotong (Sephia sp.). Sebelum aplikasi rumpon ke masyarakat, UBB melalui program studi perikanan telah melakukan penelitian sekitar dua tahun untuk membuktikan efektivitas rumpon ini sebagai tempat bertelur cumi-cumi dan sotong di perairan Bangka.

Rumpon attractor cumi ini telah terbukti menjadi tempat bertelur dan diharapkan menjadi daerah pemijahan baru untuk cumi-cumi dan sotong. Hasil penelitian rumpon attractor cumi ini pada tahun 2010 sempat diliput khusus oleh Trans7. Harapannya, dari rumpon ini, hasil tangkapan cumi dan sotong Nelayan Matras dan sekitarnya dapat meningkat. Apalagi harga cumi-cumi beberapa waktu yang lalu di pasar cukup tinggi hingga Rp 70.000/kg.

Sebanyak 28 rumpon attractor cumi yang ditenggelamkan dengan bahan dari rangka besi dan diberikan attractor sebagai pemikat bagi cumi-cumi dan sotong untuk melekatkan telurnya. Rumpon yang dipasang terdiri dari dua model yaitu model kotak dan model bunga. Rumpon ini dibuat bersama nelayan di lokasi pondok nelayan selama tiga hari sebelumnya.

sayangnya, tepat di pondok Nelayan Matras yang terdapat di perairan Pantai Batu Bedaun, tampak jelas belasan kapal isap beroperasi diperairan ini. Menurut data yang kami peroleh pada tanggal 19/03/2011 terdapat 17 kapal isap yang beroperasi. Sebelumnya, tak pernah ada kapal isap beroperasi sebanyak itu di perairan pantai ini. Apalagi beroperasinya kapal isap diikuti oleh bermunculan ratusan TI Apung yang kini telah beroperasi hingga perairan Pantai Matras. Ke-tujuh belas kapal isap yang beroperasi tersebut dapat dilihat jelas dengan kasat mata dari Pantai Tanjung Pesona atau Pantai Parai Beach Hotel. Ke-tujuh belas kapal isap itu adalah : Chun Sin Siam Phangnga 1, Duang Dee 3, Aisyah 1, Data, Indo Siam Phuket 1, Jebus, Gosyen, Indo Dharma 1, KM. anugrah Surya 1, Kim Kim, Mentrachool, KM. Prima Jaya 1, Tanjung Bunga 3, Satria Anugerah, Petch Phang Nga 1, Red Dragon, W.T.K.1, dan Berekah Alam Samudra.

Selaku pananggung jawab kegiatan penenggelaman rumpon attractor cumi, Eva Utami, M.Si berharap penenggelaman rumpon di perairan ini dapat memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Mengingat kawasan ini merupakan kawasan tangkap (fishing ground) nelayan sekaligus kawasan pariwisata bahari kebanggaan Pulau Bangka. Kegiatan penenggelaman ini akan dievaluasi dan dilakukan pengecekan underwater. Kami dari UBB sangat bersyukur karena Nelayan Matras sangat kooperatif dalam membantu proses penenggelaman sekaligus penentuan titik penenggelaman rumpon ini. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program sayang cumi (squid care program) yang merupakan program kreativitas mashasiswa dalam bidang pengabdian masyarakat (PKM-M) dan merupakan buah karya sukarelawan Tim Eksplorasi Terumbu Karang UBB bersama Nelayan Matras.




Cara Pembuatan Rumpon Cumi - foto 1



Cara Pembuatan Rumpon Cumi - foto 2



Cara Pembuatan Rumpon Cumi - foto 3



Cara Pembuatan Rumpon Cumi - foto 4



Cara Pembuatan Rumpon Cumi - foto 5



Rumpon Cumi yang sudah selesai dibuat dan siap untuk dipasang di laut



Rumpon Cumi siap untuk dipasang di laut



Rumpon Cumi sedang dipasang di laut



Rumpon Cumi sedang dipasang di laut oleh para penyelam Tim Terumbu Karang UBB



Rumpon Cumi selesai dipasang di laut


Oleh : Indra Ambalika
Dosen UBB dan Ketua Tim Eksplorasi Terumbu Karang UBB



Download Artikel Tim Eksplorasi Terumbu Karang UBB Lakukan Penanaman Rumpon Attractor Cumi Bersama Nelayan Matras Sungailiat
Dikirim oleh Admin
Tanggal 2011-05-25
Jam 10:07:17



Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs