Asah Kemampuan Menulis, 50 Mahasiswa UBB Ikut Workshop Penulisan Ilmiah Populer

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 10 Desember 2017 23:23 WIB | Diupdate pada 10 Desember 2017 23:23 WIB


TEKNIK MEMBUAT BERITA --  Ketua LKBN Antara Bangka Belitung Riza Mulyadi (kiri) menjelaskan teknik membuat berita pada workshop ‘Siasat Menulis Ilmiah Populer: Dari Menulis di Koran hingga Jurnal’ .   Selain Riza,   pembicara lainnya adalah   Eddy Jajang Jaya Atmaja (Ketua UBB Press, dosen Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi  UBB),  dan Ramto (dosen Fisip UBB).

MERAWANG, UBB --   Sebanyak 50 mahasiswa  Universitas Bangka Belitung (UBB) mengikuti  workshop penulisan  ilmiah populer yang berlangsung  di Ruang Akustik, Gedung Timah 1 UBB,  Kamis (7/12/2017) siang.  

Workshop dibuka Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Dini Wulansari,    merupakan bagian dari Pekan Politik yang digelar bersama antara Jurusan Ilmu Politik dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (Himapol) UBB.

“Sebagai insan yang menggeluti ilmu pengetahuan, mahasiswa tak perlu takut menuangkan ide-idenya ke dalam tulisan.  Sayang ‘kan kalau kita banyak membaca,  tapi  opini atau analisis kita itu  tidak  kita  publikasikan ke khalayak yang lebih luas!, ” ujar Dini Wulansari.

Workshop bertajuk ‘Siasat Menulis Ilmiah Populer: Dari Menulis di Koran hingga Jurnal’,   menampilkan  tiga pembicara --   Eddy Jajang Jaya Atmaja (Ketua UBB Press), Riza Mulyadi (Pimpinan LKBN Antara Bangka Belitung) dan Ramto (dosen Fisip UBB) --,  yang  dimoderatori Agung Setiawan.

Tujuan digelarnya workshop ini menurut Ketua Jurusan Ilmu Politik Fisip Novendra Hidayat untuk

mengasah dan  mengoptimalkan potensi menulis yang telah ada di kalangan mahasiswa UBB.

“Karena itulah  kami  mengundang pembicara yang mampu memberi teori, teknik dan kiat-kiat untuk menggairahkan lagi  minat tulis-menulis  yang tekah ada di kalangan mahasiswa!,” ujar Novendra.   

Pelaksana Tugas Himapol Andrew dalam sambutannya mengemukakan kemampuan menulis di kalangan mahasiswa UBB sudah cukup baik. Akan tetapi perlu di tingkatkan lagi ke berbagai media cetak dan jurnal penelitian.

“Tradisi menulis merupakan bagian penting dalam keseharian mahasiswa sebagai insan akademis,” tukas Andrew.

Kepedulian Himapol terhadap literasi tulis menurut Novendra salah satunya  diwujudkan  dalam bentuk workshop ‘Siasat Menulis Ilmiah Populer’.

“Worskhop ini diikuti 50 mahasiswa  yang berasal dari 18 jurusan yang ada  di UBB.  Mereka itu  mewakili himpunan mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa UBB,” tukas Novendra.

Tahun ini  lanjutnya Jurusan Ilmu Politik dan Himapol menggelar Pekan  Politik I dengan empat acara,  semuanya  melibatkan mahasiswa UBB  dan kalangan pelajar se Bangka Belitung.

Selain workshop menulis ilmiah populer, tiga acara lainnya adalah diskusi publik bertajuk ‘Berkisah dengan Kandidat Walikota Pangkalpinang’ (9 Desember),  pertandingan futsal (14-16 Desember)   dan latihan kepemimpinan yang diikuti wakil Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) se Bangka Belitung (10 Desember).  

Dalam workshop tersebut Eddy Jajang dan Riza Mulyadi antara lain menjelaskan unsur-unsur berita, teras berita (lead), dan teknik-teknik  menggali berita.  Sementara Ramto mengupas kiat-kiat menulis artikel dan jurnal.  Worshop berlangsung hangat karena peserta aktif mengajukan pertanyaan

Usai workshop,  Ketua Jurusan Ilmu Politik UBB Novendra dan Ketua LKBN Antara Riza Mulyadi menandatangan naskah nota kesepahaman (MoU).  Di dalam MoU terdapat butir kesepakatan mahasiswa Jurusan Ilmu Politik UBB dapat melakukan magang di redaksi LKBN Antara Bangka Belitung(Eddy Jajang J Atmaja)


Topik

FISIP_UBB