Siswa SMAN 1 Koba Tandangi Kampus UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 14 Desember 2017 08:49 WIB | Diupdate pada 14 Desember 2017 10:46 WIB


Kepala Lab. Teknik Mesin FT UBB Suhdi, ST., MT., menunjukkan mobil listrik “Mentilen Team” hasil karya mahasiswa UBB ditingkat nasional, yang telah mengukir prestasi Juara III pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) IX 2017 di Bandung pada bulan November yang lalu, kepada siswa-siswi SMAN 1 Koba.

MERAWANG, UBB -- Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali mendapat kunjungan dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Koba, Bangka Tengah. Study tour siswa SMA ini untuk lebih mengenal lingkungan Kampus Terpadu UBB dengan berbagai fasilitasnya, serta menjadikan referensi bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Koba sebagai kampus tujuan studi selepas mereka lulus. Selain itu, kunjungan tersebut bermaksud mengetahui prosedur dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru di UBB.
Study tour SMAN 1 Koba pada jam 09.30 WIB, Selasa (12/12) ke Kampus Terpadu UBB ini, di ikuti oleh 60 siswa-siswi kelas 12 dengan berbagi jurusan, serta sebanyak 30 guru pendamping dengan mengunakan 3 (tiga) unit kendara Bus serta beberapa kendara mini bus lainnya.

Rombongan SMAN 1 Koba ini, disambut langsung oleh Kepala Sub Bagian Humas dan Kerjasama BAKK (Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama) UBB, Agus Susanto, S.Pd.I., dan didampingi oleh Staf Protokol UBB Made Muncul. Dikesempatan tersebut, dijelaskan sedikit banyak tentang beberapa informasi penting mengenai Fakultas dan program studi yang ada di UBB, serta prosedur dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru yang bisa ditempuh oleh para siswa.
Dikesempatan tersebut, para siswa diajak berkeliling untuk melihat-lihat kondisi kampus, dan melihat secara langsung aktifitas Mahasiswa UBB yang sedang praktek di laboraturium, serta fasilitas lain yang dimiliki UBB.

Menurut keterangan salah satu guru pendamping SMAN 1 Koba, Study tour mereka ke Kampus UBB adalah untuk melihat dan mengenal secara langsung Kampus UBB kepada para siswa, dan berharap nantinya menjadi referensi bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Koba sebagai kampus pilihan selepas mereka lulus. Ia juga menyampaikan kalau diantara siswanya, ada yang belum pernah datang dan melihat secara langsung Kampus UBB.

Study tour ini disambut baik oleh setiap Kepala Program Studi dan Kepala Laboraturium di setiap fasilitas yang mereka singgahi. Disana siswa-siswi dikasih pengarahan dan sosialisasi program studi yang ada di Fakultas, dan rombongan pun diberikan kesempatan untuk bertanya dan mengenal lebih dekat disetiap tempat yang mereka kunjungi. Siswa pun nampak antusias bertanya, serta mencatat di notebook yang telah mereka persiapkan.

Decak kagum nampak dari raut siswa-siswi setelah melihat peralatan lab Fakultas Teknik yang dioprasikan oleh mahasiswa yang sedang praktek, dan sekali-kali mahasiswa pun memberikan penjelasan atas setiap pertanyaan yang dilontarkan para siswa dan guru pendamping, begitu pun terhadap lab-lab fakultas lain yang mereka tandangi.

Tak kalah hebohnya, siswa-siswi SMAN 1 Koba terpesona setelah melihat Mobil listrik hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik Mesin UBB, yang sudah beberapa kali mengikuti perlombaan ditingkat nasional, dan bahkan pada bulan November 2017 hasil karya mahasiswa UBB telah mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi ternama pada ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) IX 2017 di Bandung, dengan menduduki posisi Juara III kategori Uji Pengereman, serta prestasi-prestasi lain yang telah ditoreh oleh para mahasiswa UBB, baik dikanca nasional maupun internasional.

Tampak Kepala Lab. Teknik Mesin FT UBB Suhdi, ST., MT., memberikan penjelasan dan pengetahuan kepada rombongan terkait program studi yang ada di Fakultas Teknik dan fasilitas-fasilitasnya. Rombongan terlihat sekali-kali berdecak kagum dari paparan yang telah disampaikan, dan hampir semua siswa mengabadikannya dengan berfoto di setiap lab dan gedung yang mereka datangi.

Fasilitas yang dimiliki UBB dan sejumlah hasil karya, serta prestasi-prestasi yang telah ditoreh mahasiswa UBB tidak hanya memikat tetapi menjadi magnet bagi siapa saja yang berkunjung dan ingin mengenal lebih dekat UBB.

Ini terbukti disetiap kali ada kunjungan maupun Study tour dari siswa-siswi SMA/SMK yang pernah datang ke Kampus Terpadu UBB, mereka tampak senang dan puas setelah mendapatkan bimbingan dan tambahan pengetahuan dari Civitas Akademika UBB. (Ags/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB