UBB Terima 424 Siswa Melalui Jalur SNMPTN, Prodi Manajemen Masih Jadi Favorit

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 18 April 2018 15:08 WIB | Diupdate pada 18 April 2018 15:08 WIB


MERAWANG, UBB - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 diumumkan pada hari ini Selasa, 17 April 2018. Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia sebanyak 110.946 siswa. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Panitia Pusat dari  jumlah pendaftar sebanyak 586.155 siswa. Dari jumlah yang dinyatakan lulus di PTN tersebut termasuk 28.069 siswa dari peserta Bidikmisi.

 

Pengumuman hasil SNMPTN 2018 khusus kopetensi yang lulus/diterima di Universitas Bangka Belitung (UBB) sebanyak 424 siswa, yang terbagi dari 19 pilihan program studi (prodi). Jumlah total pendaftar siswa yang memilih ke UBB sebanyak 2.454, dengan pendaftar Bidikmisi sebanyak 623 siswa.

Konferensi press berkenaan pengumuman hasil SNMPTN yang diterima di UBB Tahun 2018, yang dilakukan humas SNMPTN UBB dengan mengundang wartawan media lokal yang ada di Kepulauan Bangka Belitung sebagai saran memperluas informasi kepada siswa dan masyarakat berkenaan hal tersebut. Jumpa press dilaksanakan di ruang Wakil Rektor I, jam 09.00 WIB bertempat di Gedung Rektorat Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Rabu (18/04/2018).

Para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang memilih Universitas Bangka Belitung (UBB) dapat mengecek kelulusannya di laman pengumuman.snmptn.ac.id atau laman www.ubb.ac.id.

Pada tahun ini Program Studi (Prodi) Manajemen menjadi Prodi yang memiliki keketatan tertinggi di UBB untuk kelompok saintek. Sementara itu, Prodi Teknik Pertambangan dan Prodi Biologi menjadi program studi yang memiliki keketatan untuk kelompok Saintek.

“Jadi di UBB itu, yang paling ketat tingkat keketatannya itu adalah prodi manajemen untuk kelompok soshum antara 1:18, artinya menerima 1 untuk setiap pelamar. sementara untuk kelompok saintek tingkat keketatan tertinggi itu Prodi Teknik Pertambangan dan Prodi Biologi, ” ungkap Wakil Rektor I UBB Dr. Ir. Ismed Inonu, M.Si.

Prodi yang menjadi favorid siswa untuk mendaftar di UBB dari tahun-ketahun masih pilihannya tertuju kepada prodi manajemen. Wakil Rektor I juga meminta kepada rekan media agar membantu menyampaikan kepada siswa yang dinyata lolos SNMPTN, agar membaca dan mengikuti proses ketentuan yang sudah ditetapkan di setiap PTN.

Wakil Rektor I UBB Dr. Ir. Ismed Inonu, M.Si., menghimbau kepada siswa SNMPTN yang diterima di UBB, untuk melakukan tahap verifikasi untuk pengisian biodata secara online di laman http://ubb.eakademik.id/ubb/pmb.zul  mulai tanggal 18 April s.d.28 April 2018.

“Siswa itu kalau sudah lulus hasil SNMPTN terlalu gembira jadi lupa baca pengumuman, dan setiap tahun ini terjadi setelah selesai daftar ulang siswa baru mau daftar, sehingga tidak dibaca setelah lulus itu prosesnya apa, nah ini kita minta bantuan teman-teman media, bahwa setelah ini mereka (siswa) wajib melakukan verifikasi,” ingat Ismed.

Selain itu, calon mahasiswa wajib mengunggah dokumen berikut (dalam bentuk .jpg/pdf, ukuran maksimal 500kb) dan dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan yang ada di web. ubb.ac.id yang diunggah di laman pmb.ubb.ac.id.

Calon mahasiswa yang diterima di UBB, namun tidak menyelesaikan pengisian Biodata dan mengunggah dokumen yang telah ditentukan secara lengkap sampai batas waktu yang ditentukan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa Universitas Bangka Belitung.

Bagi calon Mahasiswa yang telah menyelesaikan verifikasi online wajib mencetak bukti Verifikasi online. Pengumuman calon mahasiswa yang lolos verifikasi dan informasi mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar setiap semester dapat dilihat di laman: pmb.ubb.ac.id pada tanggal 05 Mei 2018 mulai pukul 15.00 WIB.

Pembayaran UKT bagi calon mahasiswa yang lolos verifikasi dapat melakukan di nomor rekening 0063-01-001712-30-5 a.n. BPN 015 Universitas Bangka Belitung Bank Rakyat Indonesia pada tanggal 05-08 Mei 2018. Calon mahasiswa dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UBB jika tidak melakukan pembayaran pada tanggal tersebut (kecuali calon penerima beasiswa bidikmisi belum perlu membayar UKT sampai dengan di terbitkannya Surat Keputusan Rektor tentang penetapan penerima Beasiswa Bidikmisi Tahun 2018).

Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos verifikasi wajib hadir (tidak dapat diwakilkan) pada Tahap Registrasi di Rektorat Gedung Rektorat lantai basement Kampus Terpadu UBB, Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, pada tanggal 8 Mei 2018, pukul 08.00 WIB, dengan membawa dokumen-dokumen yang telah ditetapkan.

Apabila calon mahasiswa tidak melaksanakan registrasi/daftar ulang pada tanggal 8 Mei 2018, maka dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa Universitas Bangka Belitung tahun Akademik 2018/2019.

Khusus calon mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, akan dilakukan verifikasi lapangan dan atau wawancara melalui telepon antara tanggal 10 s.d 19 Mei 2018. Pengumuman calon mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa bidikmisi di laman www.ubb.ac.id akan dilakukan setelah verifikasi lapangan.

Bagi siswa yang belum diterima di UBB melalui jalur SNMPTN jangan berkecil hati, karna masih ada kesempatan untuk mengikuti jalur SBMPTN yang pendaftarannya akan ditutup  pada tanggal 27 Mei 2018.

Dihimbau kepada para peserta yang gagal diterima melalui jalur SNMPTN apabila akan mendaftar SBMPTN, agar sesegera mungkin mendaftarkan diri secara online dengan mengikuti proses yang telah ditetapkan. Dengan melakukan pendaftaran secara lebih cepat akan lebih memudahkan dan memperlancar proses pendaftaran. (Ags/Humas)


Topik

SNMPTN