Dua Hari Pendaftaran, Kuota UTBK SBMPTN 2018 di UBB Langsung Ludes

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 20 April 2018 16:54 WIB | Diupdate pada 20 April 2018 16:54 WIB


MERAWANG, UBB – Dua hari hasil kelulusan SNMPTN 2018 diumumkan pada tanggal 17/4, siswa mendaftar untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 di Panitia Lokal (Panlok) 24 Universitas Bangka Belitung (UBB) diserbu peminat.

Sejak hasil kelulusan SNMPTN diumumkan, lokasi sekretariat SBMPTN di Kampus Terpadu UBB dipenuhi siswa SLTA untuk mendaftar langsung secara online. Panitia SBMPTN UBB menyediakan sarana komputer dan jaringan secara free untuk membantu dan kelancaran para pendaftar.

Siswa yang mendaftara online menggunakan komputer dibuka 18 Maret 2018 dengan pilihan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Panlok 24 yang disediakan UBB, ludes hanya dalam waktu dua hari.

Tahun ini, UBB selaku Panlok 24 menyediakan kuota untuk pelaksanaan UTBK sebanyak 200 unit komputer dan hanya tersedia dilokasi Subpanlok 1 Pangkalpinang bertempat di Kampus Terpadu UBB, dan telah ditutup pada 19/4 pukul 21.30 WIB secara otomatis, karena kuota pendaftar telah terpenuhi.

Panitia Panlok 24 sudah memprediksi untuk pilihan UTBK akan diminati, karena dalam hitungan waktu dan belum genap dua hari kuota pendaftar pilihan UTBK di sub panlok pangkalpinang sudah full terisi semua.

“Pendaftar pilihan UTBK yang disediakan panitia dalam dua hari sudah full, dan kami panitia SBMPTN UBB untuk pendaftaran pilihan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) terus menambah ruang utama secara sistem, dikarenakan bertambahnya pendaftar di sub panlok 1 Pangkalpinang dan sub panlok 2 Tanjungpandan,” terang Mery Jumadi selaku Seketaris SBMPTN UBB 2018. 

UTBK adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan alat bantu komputer. Peserta ujian tak lagi berkutat dengan kertas lembar jawab, seperti yang dilakukan pada UTBC, tetapi semua dikerjakan di komputer. Pengunaan UTBK lebih efisien karena peserta tak perlu sibuk menghitamkan jawaban di kertas, dan dapat memanfaatkan waktu ujian dengan efektif.

Menggunakan UTBK, peserta seleksi akan membaca soal di layar komputer dan mengisi jawabannya secara langsung. Soal akan muncul satu per satu secara berurutan sesuai nomor soal, untuk memudahkan peserta untuk menjawabnya. Jika di tengah jalan ingin mengubah jawaban dan masih tersedia waktu, para peserta tinggal mencari kembali nomor soal yang dimaksud dan mengisikan jawaban yang baru.

Saat ini, Panitia Panlok 24 UBB untuk pelaksanaan SBMPTN 2018 telah menyediakan tempat test dibeberapa lokasi, diantaranya untuk sub panlok 1 Pangkalpinang bertempat di Kampus Terpadu UBB (Soshum), SMAN1 Pangkalpinang (Campuran), SMKN 2 Pangkalpinang (Saintek). Apabila pendaftar membludak panitia sudah menyediakan tempat test cadangan dilokasi SMKN 1 Pangkalpinang.

Lokasi pelaksanaan tes SBMPTN Panlok 24 UBB untuk sub panlok 2 Tanjungpandan akan dilaksanakan di SMAN 1 Tanjungpanda. Berdasarkan informasi dari Seketaris SBMPTN UBB dari perkembangan animo pendaftar di Belitung semakin bertambah dibanding tahun sebelumnya, bahkan ada ancang-ancang untuk menambah lokasi cadangan apabila ruangan yang disediakan masih kurang.

“Saat ini (20/4) pendaftar di sub panlok 2 Tanjungpandan sudah mencapai 261, untuk lokasi test di Tanjungpandan kita telah menyediakan 27 ruang untuk 540 peserta. Apabila nanti kuota pendaftar sdh full (terisi) panitia akan menambah ruang di lokasi lain, karna ruang yang tersedia di SMAN 1 Tanjungpandan tidak memungkinkan lagi,” tambah Sonie Riswanto selaku Koordinator TIK Pendaftar dan Seleksi SBMPTN UBB 2018. 

Data yang kami terima dari Panitia SBMPTN UBB, pendaftar yang memilih tempat/lokasi test SBMPTB di Panlok 24 UBB pada tanggal 20/4 pukul 16.00 WIB, saat ini untuk sub panlok 1 pangkalpinang sudah mencapai 992 pendaftar (UTBC) dan sebanyak 200 pendaftar untuk UTBK, dengan total sementara sebanyak 1.192 pendaftar.

Pilihan peserta untuk tempat/lokasi test SBMPTN di sub panlok 2 Tanjungpandan dijam yang sama sebanyak 261 pendaftar.

Pendaftaran SBMPTN akan ditutup  pada tanggal 27 April 2018 mendatang pada pukul 22.00 WIB, dan pelaksanaan ujian akan dilaksanakan serentak pada tanggal 8 Mei 2018, serta pengumuman seluruh hasil seleksi SBMPTN 2018 akan serentak dilakukan pada 3 Juli 2018 pukul 17.00 WIB. (Ags/Humas)


Topik

SBMPTN