Lewat Program IbM, Ajak Pelajar Tertib Berlalu Lintas

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 19 Juli 2018 19:36 WIB | Diupdate pada 19 Juli 2018 20:57 WIB


Program IbM LPPM – Perwakilan pelajar di 7 (tujuh) SMA yang ada di Kabupaten Bangka, berfoto bersama dengan Dosen penerima hibah IbM LPPM, dan Nara Sumber dikegiatan Sosialisasi Tertib Berlalulintas bagi Pelajar, bertempat Gedung Dharma Pendidikan FT UBB, Kamis (19/07/2018).

MERAWANG, UBB - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bangka Belitung (UBB), melalui program Iptek bagi Masyarakat (IbM) kembali menyelenggarakan sosialisasi Aspek Hukum Lalu lintas dan Sosialisasi Alat Perlengkapan Jalan, yg di laksanakan di Gedung Dharma Pendidikan Fakultas Teknik (FT), Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Kamis (19/7) pagi.

Kegiatan ini di inisiasi berdasarkan program IbM yang diajukan oleh Revy Safitri (Dosen Teknik Sipil FT), Ririn Amelia (Dosen Teknik sipil FT), dan Fajar Indah Puspita Sari (Dosen jurusan Kimia FT) dengan program sosialisasi keselamatan berkendara sebagai upaya membangun kesadaran tertib berlalu lintas bagi mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Bangka.

Kegiatan LPPM ini bersifat problem solving, komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan (sustainable) dengan sasaran yang tidak tunggal. Hal-hal inilah yang menjadi alasan dikembangkannya program Ipteks bagi Masyarakat (IbM).

Tujuan program pengabdian IbM adalah: membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi, membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat, dan meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan.

Kegiatan serupa, sebelumnya sudah pernah dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2018 dengan mengundang 50 mahasiswa sebagai peserta.

“Hari ini Kamis (19/7), peserta yang diundang sebanyak 50 orang dan sasarannya adalah perwakilan pelajar yang tersebar di 8 (delapan) Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Bangka, diantaranya SMA 1 Pemali, SMA 1 Sungailiat, SMK 1 Sungailiat, SMA Yapensu, SMA 1 Merawang, SMA Harapan Sungailiat, MAN 1 Sungailiat, SMA Setia Budi Sungailiat, namun untuk pelajar dari SMA Setia Budi Sungailiat tidak hadir,” ungkap Ririn Amelia yang merupakan Dosen Teknik Sipil UBB penerima hibah program IbM.

Program IbM ini diangkat dan menjadi perhatian bagi dosen penerima hibah Pengabdian Kepada Masyarakat yang didanai oleh DP2M DIKTI, karna maraknya permasalahan lalu lintas dikalangan mahasiswa dan pelajar yang semakin hari semakin meningkat. Hal itu disebabkan oleh pertumbuhan kendaraan yang tiap tahun melonjak, dan tidak diimbangi dengan ketersediaan jalan yang mencukupi bagi kelancaran transportasi.

Tetapi hal penting yang menjadi penyebabnya adalah manusianya, terutama pada sikap dan etika berlalulintas yang masih tergolong rendah seperti tidak patuh aturan lalu lintas, ego yang tinggi dan sama-sama tidak mau mengalah di antara pengguna lalu lintas. Maka melalui program IbM ini, perlu disosialisasikan mengenai etika berlalulintas di jalan raya yang baik, serta upaya peningkatan kesadaran berlalulintas bagi mahasiswa dan pelajar.

Dalam kegiatan tersebut, panitia mengundang 2 (dua) narasumber, yaitu Ipda Agus Jhons dari Polres Bangka dengan materi tentang Aspek Hukum Lalu lintas, dan materi kedua mengenai Sosialisasi Alat Perlengkapan Jalan yang disampaikan oleh Budi Agung Martono, BA., dari Dinas PUPR dan Perhubungan Kabupaten Bangka.

Peserta sosialisasi sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada pemateri. Apalagi banyak doorprize yang disediakan panitia.

Selain itu juga peserta diberikan pre test dan post test di awal dan akhir kegiatan ini. Sehingga nantinya dapat diukur tingkat pemahaman peserta sebelum dan setelah dilaksanakan sosialisasi.

Sosialisasi ini bertujuan untuk mmberikan perubahan persepsi dan membangun kesadaran keselamatan berkendara di kalangan pelajar melalui pendidikan keselamatan guna menggugah kesadaran tertib berlalu lintas. Selain itu juga, untuk menumbuhkan rasa disiplin berlalu lintas sehingga nilai-nilai keselamatan berkendara menjadi nilai-nilai kehidupan. (red.Ririn & Humas


Topik

Teknik_Sipil_UBB Kampus_Terpadu_UBB