KKN UBB Desa Baru, Gerakan Gemar Menyikat Gigi Sejak Dini

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 01 Agustus 2018 20:39 WIB | Diupdate pada 01 Agustus 2018 20:39 WIB


MANGGAR, UBB - Ada suasana berbeda di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Manggar Kabupaten Belitung Timur, Senin (30/07). Puluhan siswa mendapatkan edukasi untuk mengenalkan kebiasaan baik yaitu rutin menyikat gigi setiap hari, pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur kepada anak-anak sehingga mereka bisa memiliki gigi yang sehat dan kuat. Secara bergantian mereka melakukan praktek gosok gigi dan mencuci tangan secara baik dan benar.

Sebelum memulai praktik, terlebih dahulu para siswa mendapatkan pengarahan mengenai hidup sehat dari dokter dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Manggar. Para siswa diajari cara menggosok gigi dan mencuci tangan sesuai anjuran dokter.

Sosialisasi gerakan gemar sikat gigi ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Belitung Timur dan Puskesmas Manggar. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Divisi Kesehatan KKN UBB Desa Baru.

Sri Utami selaku divisi kesahatan KKN UBB Desa Baru menuturkan, dengan kegiatan yang dilaksanakan ini dapat memberikan dampak positif karena dengan adanya program ini siswa-siswi SD Negeri 2 Manggar lebih peduli dengan kesehatan mereka terutama kesehatan gigi.

Usia dini adalah waktu yang paling tepat untuk mengajarkan si kecil agar mulai terbiasa untuk menggosok gigi. Sesungguhnya mengajarkan anak menggosok gigi sejak dini memberikan manfaat yang lebih dari sekedar pendidikan namun dapat menjadi pengingat bagi semua untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Harapannya dengan adanya acara rutin seperti ini bisa mengurangi dampak kerusakan pada gigi anak, di sini ternyata dilaporan kementerian kesehatan ini Belitung Timur berada di nomor tiga terbesar untuk kerusakan gigi. Jadi kalo dia (anak-anak) rutin, kita dari Persatuan Dokter Gigi (PDG) juga rutin ditambah kalo adek-adek mahasiswa lebih banyak lagi, mudah-mudahan ada perubahan, untuk sekarang sih sudah keliahatan perubahan tapi belum signifikan,” terang drg. Rizki Hamdi perwakilan Puskesmas Manggar.

Lebih lanjut, Herlina Guru SD Negeri 2 Manggar berharap dengan adanya acara ini supaya anak-anak murid SD Negeri 2 mendapat kebersihan gigi supaya giginya rapi atas berkat dari bimbingan adek-adek mahasiswa KKN. (rr.yr/Humas).


Topik

KKN_UBB