Kuliah Umum Teknik Pertambangan, Pengelolaan Keselamatan Lingkungan Tambang

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 02 April 2019 13:11 WIB | Diupdate pada 02 April 2019 13:11 WIB


KULIAH UMUM— DESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dodi Hendrasukmana memberikan materi kuliah umum pengelolaan kesehatan dan keselamatan kerja.

MERAWANG, UBB— Himpunan Mahasiswa Pertambangan (HIMATA), Fakultas Teknik, Teknik Pertambangan Universitas Bangka Belitung (UBB) bekerja sama dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kuliah umum yang bertajuk Pengelolaan Keselamatan lingkungan Tambang.

Kuliah umum tersebut menghadirkan Enam narasumber dari DESDM Kepulauan Bangka Belitung. Enam narasumber tersebut, yakni ahmad hilwansyah ST, Dodi hendrasukmana ST, Pangestu Budi ST, Deni saputra ST, Muhammad rahadian ST, dan Prihatini Dharmaputri ST.

Kegiatan yang dikhususkan bagi 150 Mahasiswa Teknik Pertambangan itu diselenggarakan pada Selasa (02/04/2019) Pagi, di Ruang Seminar Gedung Babel 4 UBB.

Kegiatan ini bertujuan untuk membagikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa pertambangan akan regulasi-regulasi pertambangan yang sangat cepat berubah dan Pengelolaan keselamatan dan lingkungan tambang,  yang menyangkup dua aspek yang berbeda yaitu keselamatan dan lingkungan tambang.

Kepala Jurusan (Kajur) Teknik Pertambangan Janiar Pitulima ST MT yang turut hadir dalam acara kuliah umum menyampaikan terima kasih kepada DESDM telah menerima kerjasamanya mengadakan kuliah umum.

"terima kasih kerjasamanya kepada pihak Dinas ESDM sudah mau menerima menjadi Narasumber dan Moderator untuk kuliah umum ini, Kegiatan yang di selenggarakan bersama HIMATA ini sangat baik sebagai salah satu penerapan atau pemantapan keilmuan Mahasiswa " ujar Janiar Pitulima ST MT selaku Kajur Teknik Pertambangan UBB.

Pada kesempatannya, Koordinator Inspektur Pertambangan Bangka Belitung Suryono menyampaikan sambutannya.

“Saya selaku koordinator Inspektur Pertambangan wilayah Bangka Belitung mewakili seluruh rekan -rekan inspektur pertambangan wilayah Bangka Belitung mengucapkan terimakasih kepada HIMATA dan pengelola Jurusan Teknik Pertambangan sudah menyambut kita dengan baik. dengan harapan, Ilmu yang kami berikan dapat diterima dengan baik dan memberi manfaat untuk kedepannya" ujar bapak suryono selaku Koordinator Inspektur Pertambangan Babel.

Materi Kuliah Umum yang meliputi tentang Pengelolaan Keselamatan Operasi, Pengelolaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Pengelolaan Tanggap Darurat, Investigasi Kecelakaan Tambang, Pengelolaan Lingkungan Pertambangan dan Investigasi Kasus Lingkungan Pertambangan.

Sementara itu, Setiawan Ramadhan dan Lukas Jacky selaku ketua dan wakil ketua menambahkan harapan,  Kuliah umum yang bertemakan pengelolaan keselamatan lingkungan tambang salah satu awal bentuk kerjasama dan permintaan dari HIMATA kepada pihak Dinas ESDM agar bersedia untuk berbagi ilmu tentang sekilas pertambangan terutama yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

“Terimakasih kepada dinas ESDM dan pengelola Jurusan telah mendukung keberlangsungan kegiatan ini, HIMATA JAYAMAHE!!!  "  tutup sambutan Ketua dan wakil ketua HIMATA.

Kuliah Umum di akhiri dengan Penyerahan Cinderamata dan Foto Bersama dengan DESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Ari Rizki/Humas UBB)


Topik

Fakultas_Teknik_UBB Teknik_Pertambangan_UBB
. ayar