Idul Fitri 1440 H, UBB Gelar Silaturahmi dan Halal Bi Halal

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 11 Juni 2019 19:43 WIB | Diupdate pada 11 Juni 2019 19:43 WIB


MERAWANG, UBB--- Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan Silaturahim dan Halal Bi Halal dengan seluruh pegawai di lingkungan UBB,  pada Selasa (11/6/2019) di Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Desa Balunijuk.

Bertema “Taqabalallahu minna wa minkum, Baarakallaah Fiikum, Melalui Halal bihalal kita kuatkan kebersamaan dan tingkatkan kinerja.” Kegiatan ini diikuti seluruh civitas akademika UBB mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Kabag, dan Kasubag, dosen dan staf, serta perwakilan BEM di lingkungan UBB serta tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Indarina Mahasiswa UBB, serta dilanjutkan dengan sambutan Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi.

Pada acara yang dibuka Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi, Kegiatan ini merupakan agenda rutin keluarga besar UBB dalam meningkatkan tali silaturahim, meningkatkan komunikasi yang baik dan meningkatkan keimanan.

Hal tersebut sudah menjadi tradisi yang terus dilestarikan oleh UBB ,ratusan dosen dan tenaga kependidikan, sivitas akademika, security, OB dan lain-lain dipertemukan semuanya saling bersalaman, menandai mereka saling memaafkan.

Mereka mendapat Tausiyah dari Ustad Jakfar Siddiq yang mengupas asal usul dan manfaat Silaturahmi.

“Kegiatan halal bil halal ini merupakan agenda rutin yang kita adakan, intinya adalah untuk silaturahim atau menyambung kasih sayang diantara kita, dengan bersilaturahim kita saling menyapa, saling mengenal, dan saling maaf-memaafkan diantara kita, serta dengan silaturahim itu kita dapat manfaat yang banyak,” ungkap Muh Yusuf.

Muh Yusuf mengutip dalam hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata: Rasulullah saw bersabda: Silaturahmi adalah tanda-tanda seseorang beriman kepada Allah SWT.

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”

Pentingnya silaturahmi, Lanjut Muh Yusuf, menjelaskan:  orang yang suka mengunjungi sanak saudaranya serta menjalin silaturhami akan dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya. Sebagaimana hadist Rasullullah SAW yang berbunyi

“Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”

Abdullah bin Abi Aufa ra, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah saw bersabda:

“Rahmat tidak akan turun kepada kaum yang padanya terdapat orang yang memutuskan tali silaturahmi” (HR Muslim)

Dan orang yang memutuskan tali silaturahmi terancam tidak bisa masuk surga, dari Abu Muhammad Jubair bin Muth’im ra, dari Nabi saw beliau bersabda:

“Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan (silaturahmi)” (HR Bukhari dan Muslim)

Demikianlah keutamaan menyambung tali silaturahmi dan ganjaran yang kita peroleh jika melakukannya ataupun meninggalkannya. Islam mengajarkan kita untuk selalu meiliki akhlak terpuji dan beramal shaleh. mengunjungi sanak saudara dan menjaga lisan sangatlah diutamakan karena bahaya lidah sangatlah besar. Semoga kita senantiasa mendapat hidayah Allah SWT dan terhindar dari siksa di hari kiamat, Lanjut Muh Yusuf.

Halal Bi Halal ini juga dihadiri oleh Ustad Jakfar Siddiq sebagai pengisi Tausiyah dan Doa. Ia pun menyampaikan hal yang selaras tentang Silaturahmi dan perubahan pada diri setelah bulan Ramadan agar lebih baik kualitas ibadahnya dan berbagai kisah suritauladan Nabi dan  cerita nyata memotivasi peserta yang hadir. Dengan gaya khasnya yang diselingi dengan logat dan guyonan, membuat seluruh peserta ikut hanyut dan memahami setiap isi tausiyah yang ia sampaikan.

Setelah pembacaan doa, kegiatan dilanjutkan dengan acara inti yaitu bersalam-salaman dan saling bermaafkan, serta diakhiri dengan menikmati hidangan yang telah dipersiapkan.

Seluruh sivitas Akademika UBB mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H ‘Taqabalallahu minna wa minkum, Baarakallaah Fiikum’, mohon maaf lahir dan batin. (Ari Rizki/ Humas)


Topik

Dr._Muhammad_Yusuf,_M.Si REKTOR_UBB HALAL_BI_HALAL Idul_Fitri
. ayar