50 Mahasiswa UBB Terima Beasiswa BI Tahun 2019

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 02 Juli 2019 21:05 WIB | Diupdate pada 02 Juli 2019 21:05 WIB


Foto Bersama -- Rektor UBB, Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., (baju putih), bersama Rektor IAIN SAS Babel, Prof. Dr. Zayadi, M.Ag., (baju batik coklat), dan Kepala BI Babel, Tantan Heroika, (baju batik abu-abu), serta 2 orang perwakilan unsur Musida Prov. Babel, melakukan foto bersama Mahasiswa UBB penerima Beasiswa BI Tahun 2019.

PANGKALPINANG, UBB – Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali menyerahkan beasiswa kepada 100 mahasiswa berprestasi terpilih dari Universitas Bangka Belitung (UBB), dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Abdurahman Siddik, bertempat di Kantor Perwakilan BI Babel, Kecamatan Bukit Intan Pangkalpinang, Selasa (2/7/2019) siang. 

Beasiswa BI merupakan program bantuan biaya kuliah kepada mahasiswa jenjang sarjana (S1) yang memiliki prestasi akademik dan non akademik, serta memerlukan bantuan finansial untuk pendidikannya, dan program pemberian beasiswa BI kepada mahasiswa UBB pada khususnya sudah berlangsung sejak tahun 2015.

Sebelum acara penyerahan Beasiswa kepada mahasiswa yang terpilih, Pada kegiatan tersebut dilakukan penandatanganan naskah kerja sama yang dilakukan oleh Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., selaku Rektor UBB, serta Prof. Dr. Zayadi, M.Ag., selaku Rektor IAIN SAS Babel, dengan Tantan Heroika selaku Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, yang disaksikan oleh perwakilan unsur Muspida Provinsi Babel.

Pada kesempatan ini, Rektor UBB menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia Babel atas sumbangsihnya selama ini, serta ucapan selamat kepada mahasiswa yang telah terpilih menjadi penerima beasiswa BI, dan Ia berharap beasiswa ini akan memacu mahasiswa untuk lebih bersemangat meningkatkan prestasi serta memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat nantinya.

Pemberian bantuan beasiswa ini merupakan bagian dari peran Bank Indonesia untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa, dan Beasiswa yang diberikan berupa biaya pendidikan satu tahun sebesar Rp 12 juta/mahasiswa dan akan dibayarkan dalam per semesternya.

Adapun Persyaratan untuk dapat mendaftar menjadi penerima beasiswa dari BI diantaranya yaitu; masih berstatus aktif di UBB, Telah menyelesaikan minimal 40 (empat puluh) SKS, Memiliki Indek Prestasi (IP) Minimal 3.00 (skala 4), Usia Maksimal 24 tahun pada saat menerima beasiswa, tidak sedang menerima beasiswa dan atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain, serta dari keluarga yang kurang mampu.

Tantan menyampaikan, adanya beasiswa merupakan wujud kepedulian BI dalam bidang pendidikan. Tak hanya beasiswa, ada program lain dalam bidang pendidikan, misalnya riset, BI Corner, dan lainnya.

"Tahun kemarin kita ada 100 mahasiswa juga yang mendapatkan beasiswa tapi hanya mahasiswa UBB, tahun ini ada 100 juga, 50 dari mahasiswa UBB dan 50 mahasiswa IAIN," ungkap Tatan.

Para penerima beasiswa ini, setelah dinyatakan lolos seleksi wajib bergabung di komunitas GenBI (Generasi baru Indonesia). Komunitas GenBI ini berasal dari mereka  penerima beasiswa, yang dibimbing untuk membagi energi bagi negeri dengan cara melakukan beberapa kegiatan yang melibatkan peran masyarakat di dalamnya, sampai ke arah memberikan pelayanan sepenuh hati.

Dari segala banyak ragam kegiatan maupun aktivitas yang dilakukan, pada akhirnya bertujuan untuk membimbing mereka menjadi sebuah komunitas yang kreatif, yang mengutamakan berbagai gagasan, dialog terbuka, berbagi sinergi, berbagi pengetahuan, meluaskan networking, memperbanyak pengalaman, dan  meningkatkan sebuah toleransi,

Dalam acara penyerahan beasiswa tersebut, Tantan Heroika secara simbolis menyematkan jaket kepada 4 mahasiswa perwakilan dari perguruan tinggi masing-masing, serta dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (Ags/Humas)


Topik

Dr._Muhammad_Yusuf,_M.Si Beasiswa REKTOR_UBB
. ayar