Wirausaha Muda UBB Presentasikan Proposal PMW

Penulis: Editor | Ditulis pada 09 Juli 2019 18:29 WIB | Diupdate pada 09 Juli 2019 18:29 WIB


Foto Bersama – Tim Juri didampingi Kepala Biro Akademi Kemahasiswaan dan Kerjasama UBB serta panitia Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2019 pose bersama peserta setelah kegiatan Seleksi Rencana Bisnis di ruang rapat Rektorat UBB, Selasa (09/07/2019) sore.

BALUNIJUK (UBB) – Wirausahawan muda UBB presentasi proposal kewirausahaan di hadapan tim reviewer UBB, di ruang pertemuan rektorat Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Selasa (09/07/2019) pagi.

Semenjak diluncurkannya PMW oleh Biro Akademik Kemahasiswaan, dan Kerjasama (BAKK) UBB, potensi dan animo mahasiswa untuk berwirausaha semakin meningkat setiap tahunnya. Tahun ini, dari 28 proposal yang masuk akan diseleksi secara administrasi oleh panitia. Kemudian proposal kelompok yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, mempresentasikan proposal usaha mereka dihadapan juri.

Hal ini senada diutarakan oleh Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) Hesty SSi MPd, “Proposal PMW yang masuk sebanyak 28, telah dilakukan seleksi administrasi dan sebanyak 18 proposal dinyatakan lolos seleksi administrasi dan bisa melanjutkan ke presentasi proposal,” ungkapnya.

Hal-hal yang akan dinilai dalam penyeleksian proposal dan presentasi wirausaha mahasiswa antara lain kreativitas dan inovasi, orisinalitas ide serta nilai tambah produk, teknologi dalam implementasi usaha, peluang pasar yang dimiliki, kelogisan usaha, serta analisa kelayakan finansial dan marketing/pemasaran.

Pagu dana yang tersedia sebesar maksimum 10 juta rupiah untuk per judul proposal yang dinyatakan layak atau lolos seleksi. Sementara itu untuk kriteria peserta diantaranya adalah merupakan mahasiswa UBB aktif, yang telah menyelesaikan kuliah 2 (dua) semester atau minimal telah menyelesaikan 36 SKS. Total dana yang akan dikucurkan UBB pada Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2019 sebesar 100 juta Rupiah.

Tim reviewer terdiri dari Dr Hamsani SE MSc, Dra Badariah M AP dan Fardhan Arkhan ST MT sangat selektif dalam penyeleksian proposal PMW. Presentasi proposal PMW yang dipaparkan oleh setiap tim akan mendapat pertanyaan-pertanyaan dari tim reviewer.

Dalam presentasi proposal PMW, tim reviewer banyak menanyakan sejauh mana kematangan mahasiswa terhadap proposal yang telah diajukan, serta kepiawaian dalam melihat peluang usaha yang akan dikembangkan,  dengan kreatifitas dan inovasi terbaru, serta strategi marketing/pemasaran dari setiap tim terhadap proposal yang telah dipresentasikan.

Diharapkan dengan adanya PMW ini dapat menciptakan persaingan yang ketat dalam seleksi bisnis plan, sehingga nantinya akan menghasilkan unit-unit usaha yang berhasil dan berkelanjutan. Dengan kegiatan PMW ini, memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) kepada mahasiswa, untuk menghasilkan karya kreatif, inovatif dalam membuka peluang usaha setelah menyelesaikan studi nantinya.(Humas/Ars)


Topik

PMW_2019
. ayar