UPT Perpustakaan UBB Gelar Workshop Mendeley Reference Tool

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 17 Juli 2019 15:58 WIB | Diupdate pada 17 Juli 2019 15:58 WIB


Salam Literasi - Kepala UPT Perpustakaan UBB, Budi Afriyansyah, SSi., MSi., (tenggah kemeja putih), dan peserta workshop yang terdiri dari Pustakawan dan Pengelola Jurnal Fakultas dilingkungan UBB, foto bersama dengan Budhi Santoso, SIP., MA., (tenggah batik coklat) sebagai pemateri.

MERAWANG, UBB – Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perpustakaan Universitas Bangka Belitung (UBB), mengadakan workshop Mendeley Reference Tool kepada pengelola Jurnal dijajaran Fakultas dan Pustakawan UBB, bertempat diruang rapat Gedung Babel IV, Kampus Terpadu UBB, Rabu (17/07) pagi.

Materi yang disampaikan pada workshop kali ini memfokuskan topik pada pemanfaatan program aplikasi Mendeley Reference Tool yang diisi oleh Budhi Santoso, SIP., MA., sebagai pemateri yang merupakan Dosen dari Ilmu Pustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

Acara workshop ini dihadiri seluruh pengelola jurnal Jurusan yang ada di setiap Fakultas dan Pustakawan dilingkungan UBB. Dalam kegiatan tersebut, peserta diwajibkan membawa laptop masing-masing untuk praktik langsung dan pemembuatan akun.

Kepala UPT Perpustakaan UBB, Budi Afriyansyah, SSi., MSi., sekaligus membuka acara workshop menyampaikan agar kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu hari ini dapat diikuti oleh peserta hingga selesai, sehingga pemahaman serta penggunaan aplikasi yang akan disampaikan oleh pemateri dapat bermanfaat.

Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut untuk mengembangkan kemampuan dan sekaligus memberikan pelatihan kepada masing-masing pengelola jurnas dan pustakawan mengenai program piranti lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapisatas dan kompetensi terutama tenaga kependidikan dan teman-temen di UPT Perpustakaan ini, karena mereka juga sangat aktif sekali dalam menyeleksi skripsi, dan tahu bagaimana pustak-pustaka yang ada di skripsi tersebut, sehingga untuk menekan laju tindakan plagiatisme itu serendah-rendahnya, bahkan tidak ada dikampus kita ini,” ungkapnya.

Pemateri Budhi Santoso, SIP., MA., menjelaskan bahwa saat ini banyak tersedia berbagai aplikasi untuk memudahkan kita menuliskan daftar pustaka baik yang bayar maupun free, dan salah satu aplikasi free diantaranya mendeley.

Ia berharap dengan mengikuti workshop ini, peserta dapat menggunakan tools dalam aplikasi Mendeley sebagai reference manager. Aplikasi ini juga memiliki keungulan diantaranya dapat mensinkronkan Microsoft Word dengan aplikasi Mendeley sehingga mempermudah peserta dalam pembuatan daftar pustaka, serta berbagai manfaat lainnya. (Ags/Humas)


Topik

UPT_Perpustakaan
. ayar