Upacara HUT RI 74 UBB, Berlangsung Khidmat

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 17 Agustus 2019 12:36 WIB | Diupdate pada 20 Agustus 2019 16:09 WIB


Teks Foto: Bendera – Dua belas mahasiswa UBB yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Bendera HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Parkir Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung, Balunijuk, Merawang, Sabtu (17/08/2019) pagi.

BALUNIJUK (UBB) - Suasana khidmat mewarnai upacara bendera memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Lapangan Parkir Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung (UBB), Balunijuk, Bangka, Sabtu (17/08/2019) pagi.

Upacara mulai berlangsung pukul 07.00 WIB, diikuti ribuan peserta dengan Inspektur Upacara (Irup) Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi dan Komandan upacara M. Arkan Faizi (Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan).

Pasukan Pengibar Bendera beranggotakan 12 Mahasiswa baru yang terdiri dari Mandu Pranata (Prodi Ekonomi), A’la Irodafi (Manajemen), Ifnu (Akuntansi), Dimas Indra Yuda (Manajemen), Fathir Alqalam (Teknik Sipil), Rianja Pratama (Manajemen), El Ciwindo.S. (Teknik Pertambangan), Danial Andre (Teknik Mesin), Dimas Pratama (Teknik Pertambangan), Saweli (Ilmu Politik), Aditya Putra (Hukum) dan Firda Aztiza (Hukum). Komandan upacara dan  Anggota pasukan pengibar bendera merupakan purna Paskibra saat mereka masih menjadi siswa sekolah menengah.

Petugas Upacara terdiri dari: Pembawa Acara; Elisa Damayanti (Anggota Satpam), Pembaca UUD 1945; M. Faris Alqodri (Manajemen Sumberdaya Perairan), Pembaca Doa; Rapiul Afkar (Agrotektologi), Ajudan; Jundarta (Koordinator Satpam), Perwira Upacara; Suhendri (Wakil Koordinator Satpam) Keseluruhan petugas Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di UBB telah dipersiapkan dan dilatih sebelumnya oleh Made Muncul Sueno S.AP selaku Protokoler Rektorat UBB.

Peserta upacara terdiri dari 1.184 mahasiswa baru tahun Akademik 2019/2020, Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) , dosen, tenaga kependidikan dan Satuan Pengamanan (Satpam) UBB.

Seluruh peserta upacara telah berada di Kampus Terpadu UBB Balunijuk dan mengisi daftar hadir sejak pagi hari. Mereka telah membentuk barisan dengan tertib.

Upacara peringatan hari ulang tahun ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan oleh seluruh lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Tahun ini, tema yang diusung Kemenristek Dikti adalah ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’.

Sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi dalam Peringatan HUT Ke-74 RI Tahun 2019 di UBB dibacakan Rektor Muh Yusuf selaku Inspektur Upacara. Tema SDM Unggul, Indonesia Maju mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia.

Artinya Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0.

Disadari bahwa kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan peningkatan kualitas SDM dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring kemajuan industri 4.0.

Keunggulan SDM di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan. Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas. Hal ini telah didukung dengan terbitnya undang-undang Sistem Nasional Iptek, sebagai pengganti atas undang-undang Nomor 18 Tahun 2002 yang menjadi momentum emas dalam peningkatan pembangunan kapasitas SDM iptek dan peningkatan karya-karya besar invensi dan inovasi.

Suasana peringatan hari proklamasi Indonesia pada Upacara Bendera HUT ke-74 Kemerdekaan RI di UBB memuncah tatkala Sang Saka Merah Putih berkibar ‘anggun’ di atas tiang bendera.

Sang Saka yang digerek oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) UBB ini mendapat penghormatan dari seluruh peserta upacara. Pengibaran bendera diiringi lagu Indonesia Raya oleh Paduan Suara UBB.

Suasana upacara kemudian menjadi hening ketika Irup Dr Ir Muh Yusuf MSi meminta seluruh peserta mengheningkan cipta. Aura upacara kian khidmat manakala diiringi lagu Mengheningkan Cipta yang dibawakan Paduan Suara UBB.

Upacara bendera HUT ke 74 Kemerdekaan RI ini telah dipersiapkan selama sepekan. Kuncoro, Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga BPKKU UBB, menjelaskan upacara bendera ini melibatkan seluruh mahasiswa baru, dosen, tenaga kependidikan, Satpam dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), UKM Paduan Suara UBB.

“Karena UBB memiliki lima fakultas dan 20 program studi, maka kami panitia telah menyebarkan undangan mengikuti upacara bendera ini sejak beberapa hari sebelumnya. Kami merasa senang karena seluruh prosesi upacara bendera berlangsung lancar dan khidmat,” ujar kuncoro.

Upacara bendera memperingati HUT ke 74 Kemerdekaan RI diikuti seluruh pimpinan universitas, fakultas, unit pelaksana teknis, biro dan lembaga di lingkungan UBB.(Ars/Humas)


Topik

REKTOR_UBB Kampus_Terpadu_UBB
. ayar