UBB Terima Perangkat Geospasial dari BIG

Penulis: Editor | Ditulis pada 19 September 2019 21:21 WIB | Diupdate pada 19 September 2019 21:21 WIB


Foto Bersama – Sekretaris Utama Badan Informasi Geospasial (BIG) Ir. Muhtadi Ganda Sutrisna, M.E. dan Rombongan dari BIG foto bersama Rektor Universitas Bangka Belitung Dr. Ir. Muh. Yusuf M.Si didampingi Kepala BPKKU UBB Sugeng Riyadi, Ketua PPIDS UBB Wahri Sunanda dan anggota PPIDS usai penandatangan berita acara serah terima aset.

Balunijuk (UBB) – Sekretaris Utama Badan Informasi Geospasial (BIG) Ir. Muhtadi Ganda Sutrisna, M.E. bersama Rektor Universitas Bangka Belitung Dr. Ir. Muh. Yusuf M.Si menandatangani berita acara serah terima aset sebagai bentuk kerjasama UBB dan BIG di Ruang Rapat Senat Rektorat Kampus Terpadu UBB, Selasa (17/09/2019) pagi.

Aset yang diserahkan BIG kepada UBB berupa Perangkat Teknologi Informasi yaitu server, personal computer dan software yang telah terpasang pada tahun 2018 di ruang server Unit Pelaksana Teknis Teknologi, Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Universitas Bangka Belitung.

Badan Informasi Geospasial adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial. BIG berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden dan dipimpin oleh seorang kepala yang dijabat oleh Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z Abidin, M.Sc.

Geospasial adalah semua informasi dan berbagai jenis data mengenai kenampakan bumi. Informasi tersebut biasa dikenal dengan istilah Informasi Geospasial (IG). Ada berbagai macam IG antara lain peta dasar yang meliputi peta tematik datar, peta tutupan lahan, peta risiko bencana, peta zonasi wilayah, dan peta sosial-ekonomi.

Dr. Ir. Muh. Yusuf M.Si berharap pemanfaatan perangkat yang diberikan kepada UBB dilaksanakan dengan baik untuk kepentingan pendidikan dan penelitian baik dosen maupun mahasiswa.

“Berbagai kegiatan yang memanfaatkan peralatan tersebut telah dilakukan, oleh pihak UBB, baik melalui ketua PPIDS UBB maupun secara teknik dengan UPT TIK. Untuk pemanfaatan secara maksimal, kita harus lebih aktif dalam menginisiasi kerjasama baik dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah Kabupaten/Kota,” ujar Muh Yusuf.

Wahri Sunanda selaku Ketua Pusat Pengembangan Infrastuktur Data Spasial (PPIDS) UBB mengucapkan terima kasih kepada BIG, “Saya berterimakasih atas peralatan yang diberikan, selain peralatan PPIDS UBB juga rutin mendapatkan undangan dari BIG jika ada pelatihan terutama yang berkaitan dengan data spasial dan penggunaan peralatan yang diberikan,” ujar Wahri.

Selain penandatangan berita acara serah terima aset, rombangan BIG juga sempat memeriksa atau melihat peralatan yang telah terpasang di UPT TIK dan peralatan tersebut masih baik dan telah dimanfaatkan oleh UBB.(Ars/Humas)


Topik

Wahri_Sunanda,_ST,._M.Eng Geospasial REKTOR_UBB
. ayar