Workshop Penulisan Jurnal Internasional, Jurusan Sastra Inggris FISIP UBB Datangkan Narasumber Dari Malang

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 05 November 2019 11:42 WIB | Diupdate pada 05 November 2019 11:42 WIB


PANGKALPINANG, UBB - Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung (FISIP UBB), menyelenggarakan Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah dalam Meningkatkan Publikasi dengan tema WRAP (Writing for Research and Academic Purposes) di Hotel Puri 56, Pangkalpinang, Rabu (30/10).

Kegiatan workshop dimulai dengan sambutan oleh Ketua Panitia Herland Franley Manalu, M.Hum. dan Ketua Jurusan Sastra Inggris yang diwakili oleh Dini Wulansari, M.A., kemudian acara ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung, Dr. Ibrahim, M.Si.

Peserta workshop yang hadir berasal dari berbagai institusi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung seperti Universitas Bangka Belitung, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel), STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung.

Jurusan Sastra Inggris FISIP UBB mendatangkan dua pemateri pada workshop WRAP (Writing for Research and Academic Purposes) yaitu Dr. Diana Anggaraeni, M.Hum (Universitas Bangka Belitung) dan Ardian Setiawan, M.Ed,. Ed.D. (Politeknik Negeri Malang, Chief Editor dan Senior Manager Prosemantic) dan serta Sandy Ferianda, M.Hum sebagai moderator.

Dr. Ibrahim, Dekan FISIP Universitas Bangka Belitung menyayangkan masih banyak dosen yang hanya mengajar tetapi tidak memiliki publikasi atau penelitian. Maka dari itu, penting kiranya mengasah kemampuan menulis ilmiah seperti mengikuti pelatihan ini agar dosen benar-benar bisa menulis publikasi ilmiah secara sistematis.

Dalam pelaksanaanya, workshop WRAP dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama, Diana Anggraeni menjelaskan tentang “The Careless Use of Google Translate” yang terjadi di beberapa negara, sedangkan pada sesi kedua, Ardian Setiawan memberikan sistematika penulisan secara kritis dan sistematis.

Herland Franley selaku ketua panitia mengatakan bahwa Loka Karya ini sangat berguna sekali bagi kalangan akademisi yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dalam menulis artikel penelitian dan tujuan akademik. Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dari workshop untuk menulis skripsi dan jurnal kedepannya nanti. Demikian juga dengan dosen, mereka diharapkan mendapatkan pengetahuan baru dalam menulis artikel dan bisa menerapkan trik-trik yang diperoleh untuk mempublikasikan jurnal mereka ke publisher yang terindeks Sinta, DOAJ maupun Scopus.

Kegiatan workshop kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana para peserta sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan dan diikuti dengan jawaban dan penjelasan oleh Ardian. Pada bagian akhir workshop, Ardian memberikan beberapa aplikasi yang direkomendasikan dalam membantu proses editing tulisan ilmiah serta merekomendasikan beberapa situs yang bagus untuk mencari jurnal-jurnal bereputasi yang baik untuk dijadikan referensi.

Workshop ini diselenggarakan untuk memberi motivasi dan strategi dalam menulis karya ilmiah, sehingga kedepannya para dosen bisa lebih produktif dalam mempublikasikan jurnal ilmiah baik skala nasional maupun skala internasional bereputasi. (red.FISIP/Humas)


Topik

FISIP_UBB
. ayar