UBB Tuan Rumah Rapat Kerja BKS PTN Wilayah Barat Bidang MIPA

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 08 November 2019 15:38 WIB | Diupdate pada 08 November 2019 15:39 WIB


Sesi foto bersama dengan peserta rapat kerja BKS PTN Bidang MIPA Wilayah Barat

PANGKALPINANG, UBB - Universitas Bangka Belitung (UBB) dipercaya menjadi tuan rumah acara Rapat Kerja Bidang Ilmu MIPA yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat. Pertemuan tersebut diselenggarakan di Hotel Sahid Pangkalpinang, dari tanggal 2-3 November 2019.

Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari Seminar Nasional dan Rapat Tahunan (SEMIRATA) BKS-PTN pada bulan Juli 2019 yang lalu, serta komitmen kesiapan UBB untuk mendirikan Fakultas MIPA.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor I UBB Nizwan Zuhkri dan para Dekan anggota BKS PTN Bidang Ilmu MIPA Wilayah Barat, diantaranga Dekan Fakultas Teknik UBB Wahri Sunanda, serta Dekan dari Universitas Bengkulu, Universitas Negeri Padang, Universitas Sumatra Utara, Universitas Negeri Medan, Universitas Tanjungpura, Universitas Lampung, Universitas Sriwijaya, Universitas Andalas, Universitas Riau, Universitas Palangkaraya, UIN SUSKA Riau, dan Universitas Lambung Mangkurat.

Pada kesempatan tersebut, UBB bergabung dan secara resmi menjadi anggota termuda dalam forum BKS PTN khususnya Bidang Ilmu MIPA Wilayah Barat. Ketua BKS PTN MIPA Wilayah Barat Zulbahrum Chaniago, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada UBB yang telah bersedia menjadi tuan rumah dalam kegiatan rapat kerja BKS PTN MIPA.

Beliau berharap agar dengan bergabungnya UBB kedalam keanggotaan BKS PTN ini banyak kerja sama yang dapat dibangun antar para dekan anggota BKS PTN MIPA Wilayah Barat, seperti pengelolaan jurnal, pertukaran mahasiswa maupun dosen, pengadaan dosen tamu dalam kuliah umum hingga pengelolaan kegiatan kompetisi kemahasiswaan seperti LKTI, Olimpiade maupun Program Kreativitas Mahasiswa Se-BKS PTN MIPA Wilayah Barat.

Dikesempatan yang sama, Wakil Rektor I UBB Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Nizwan Zuhkri mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan BKS PTN sebagai tuan rumah rapat kerja BKS dan sekaligus mengucapkan selamat datang kepada para dekan di bumi serumpun sebalai.

Menurutnya, ini suatu kehormatan bagi UBB yang mana telah diberikan kepercayaan untuk membuka rapat kerja BKS. Dengan bergabungnya UBB sebagai keanggotaan baru di bidang MIPA sangatlah penting dalam rangka mempersiapkan diri membuka Fakultas baru (MIPA), serta meningkatkan kapabilitas PTNĀ untuk bersama-sama maju dalam hal inovasi serta hasil riset dari berbagai perguruan tinggi yang memiliki keunggulannya masing-masing.

Dirangkaian acara tersebut, Wakil Rektor I UBB menyerahkan cindera mata kepada Ketua BKS PTN MIPA Wilayah Barat, dan dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta rapat kerja.

Penyerahan cinderamata Wakil Rektor Bidang Akademik dan kemahasiswaan UBB kepada Ketua BKS PTN MIPA Wilayah Barat

Dalam kegiatan tersebut telah dibentuk pengelola jurnal BKS PTN MIPA Wilayah Barat yang nantinya menjadi pondasi jejaring jurnal MIPA seluruh anggota dan menjadi rintisan jurnal berskala internasional.

Turut mengundang seluruh pengelola jurnal prodi-prodi MIPA dilingkungan UBB diantaranya dari Prodi Fisika, Kimia, Matematika dan Biologi. Selain itu juga disepakati sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan SEMIRATA dan ICST Tahun 2021 adalah Universitas Syiah Kuala Aceh. Sedangkan untuk persiapan pelaksanaan SEMIRATA dan ICST Tahun 2020, Universitas Andalas juga telah memaparkan progres persiapan yang telah dilakukan.

Dekan Fakultas Teknik UBB berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kerja sama terutama pada Prodi Fisika, Kimia dan Matematika yang selama ini masih menginduk pada FT dan Prodi Biologi yang ada di FPPB, serta sekaligus sebagai bentuk dorongan agar kedepan adanya sinergi antara prodi sejenis dalam kapasitas peningkatan mutu dan akreditasi pada masing-masing prodi melalui kerjasama antar prodi sejenis anggota BKS PTN MIPA Wilayah Barat.

Hal yang tidak kalah penting adalah dengan masuknya UBB dalam forum BKS PTN MIPA Wilayah Barat adalah mendorong terwujudnya Fakultas MIPA UBB yang unggul dan menjadi kebanggaan masyarakat Babel, karena secara SDM UBB sudah ada prodi MIPA tinggal bagaimana mendorong prodi-prodi ini bergabung membentuk Fakultas MIPA dengan kekhasannya. (red.Ily/Humas)


Topik

Wakil_Rektor_I_UBB Wahri_Sunanda,_ST,._M.Eng
. ayar