SMKN 1 Simpang Katis Kunjungi UBB Sebagai Ajang Motivasi Melanjutkan Ke PTN

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 03 Februari 2020 19:13 WIB | Diupdate pada 03 Februari 2020 19:13 WIB


Field Trip - Teknisi Lab. Teknik Sipil FT UBB Imron Rosyadi, ST., memberikan pengarahan dan tambahan pengetahuan kepada siswa SMKN 1 Simpang Katis Bateng, saat mengunjungi fasilitas yang ada di Jurusan Teknik Sipil FT UBB.

MERAWANG, UBB - Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali menerima kunjungan siswa/siswi SMA/Sederajat. Kali ini kunjungan dari SMKN 1 Simpang Katis Bangka Tengah sebanyak 111 siswa yang keseluruhan merupakan kelas XII dan 19 guru pendamping diterima oleh Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (BAKK) yang dipusatkan di ruang rapat besar Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Senin (3/2/2020) pagi.

Field trip siswa SMK ini untuk lebih mengenal lingkungan Kampus Terpadu UBB dengan berbagai fasilitasnya, serta menjadikan referensi bagi siswa-siswi SMKN 1 Simpang Katis sebagai Kampus tujuan studi selepas mereka lulus. Selain itu, kunjungan tersebut bermaksud mengetahui prosedur dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru di UBB, serta beberapa informasi penting mengenai Fakultas dan program studi yang ada di UBB.

Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) umumnya mempunyai semangat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas, akan tetapi seringkali informasi dan keinginan menentukan arah pendidikan masih belum jelas, termasuk biaya kuliah yang dianggap tinggi, sehingga para siswa perlu mencari dan menetapkan pilihan kampus mana yang hendak dituju. Selain itu kunjungan ke Kampus Terpadu UBB juga menjadi penting, agar para siswa termotivasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana SMKN 1 Simpang Katis Bateng, Zulpan bersama Ketua Rombongan Field trip, Destiani menyampaikan kunjungan ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat UBB, sehingga siswa dapat informasi banyak dan termotivasi untuk menyiapkan diri melanjutkan pendidikan khususnya di UBB.

“Kami berharap dapat informasi yang banyak hari ini, terutama untuk siswa-siswa kami, agar ada bekal untuk mereka nanti,” tutur Desti.

Lebih lanjut, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB, Nizwan Zukhri yang secara langsung menyambut rombongan dan memberikan motivasi kepada para pelajar, mengungkapkan bahwa telah banyak sekolah yang sudah melakukan kunjungan ke kampus terpadu UBB. Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi referensi untuk para siswa melanjutkan ke pendidikan tinggi setelah lulus nanti.

Ia juga menyampaikan informasi terkait profil dan berbagai prestasi yang telah diraih oleh UBB, dan peluang masuk di masing-masing prodi tiap fakultas dengan keunggulannya masing-masing, serta mekanisme penerimaan mahasiswa baru UBB melalui seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri (SMMPTN-Barat), serta program beasiswa yang ada di UBB.

Dikesempatan tersebut, usai penyampaian materi para rombongan diajak berkeliling untuk melihat secara langsung aktifitas Mahasiswa UBB yang sedang praktek di laboratorium, serta fasilitas lain yang dimiliki UBB.

Sebelum melihat aktifitas Kampus di Fakultas Teknik, para rombongan disambut lagsung oleh Dekan FT UBB, Wahri Sunanda  beserta jajarannya. Di sana siswa-siswi diberikan pengarahan dan sosialisasi program studi yang ada di Fakultas.

Tampak Kepala Laboratorium memberikan penjelasan dan pengetahuan kepada rombongan terkait program studi yang ada di Fakultas Teknik dan fasilitas-fasilitasnya, dan hampir semua siswa mengabadikannya dengan berfoto di setiap lab dan gedung yang mereka datangi.

Fasilitas yang dimiliki UBB dan sejumlah hasil karya, serta prestasi-prestasi yang telah ditoreh mahasiswa UBB tidak hanya memikat tetapi menjadi magnet bagi siapa saja yang berkunjung dan ingin mengenal lebih dekat UBB.

Ini terbukti disetiap kali ada kunjungan maupun field trip dari siswa-siswi SMA/SMK yang pernah datang ke Kampus Terpadu UBB, mereka tampak senang dan puas setelah mendapatkan bimbingan dan tambahan pengetahuan dari Civitas Akademika UBB. (Ags/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB
. ayar