Rektor UBB Dr. Ibrahim, MSi Periode 2020-2024 Resmi Dilantik

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 16 April 2020 17:17 WIB | Diupdate pada 16 April 2020 17:17 WIB


Dr Ibrahim S Fil M Fil, didampingi Istrinya Ariska Febriani, usai pelantikan Rektor UBB periode 2020-2024, bertempat ruang rapat umum Rektorat, Kampus Terpadu UBB.

MERAWANG, UBB - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim, melalui Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ainun Na'im melantik Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB), Dr. Ibrahim, Sfil., MSi., sebagai Rektor UBB periode tahun 2020-2024.

Kegiatan pelantikan dilakukan melalui aplikasi telekonferensi, dengan memerhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah di masa Covid-19 yang berlangsung di Ruang Rapat Umum Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Kamis (16/4) pagi.

Pelantikan dihadiri Rektor UBB periode 2016-2020 Dr Ir Muh Yusuf, MSi., Guru Besar Prof Dr H Bustami Rahman (Rektor UBB pertama priode 2006-2016), Wakil Rektor I Dr Nizwan Zukhri, Wakil Rektor II Dr Sri Rahayu, para Senat UBB, Para Dekan, Kepala Biro Kepala UPT, Kepala Lembaga, dan Ketua SPI serta Ketua IKA UBB.

Dr Ibrahim S Fil M Fil sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fisip UBB, dan terpilih sebagai Rektor UBB untuk empat tahun kedepan menggantikan Dr Ir Muh Yusuf  MSi. Ia juga membuat catatan sejarah baru bagi UBB sebagai Rektor Perguruan Tinggi Negeri termuda di Indonesia.

Pria kelahiran tahun 1981 ini, memiliki visi bergerak cepat, dengan fondasi yang kuat menuju UBB hebat. Visi ini pun diperkuat dengan misinya empat point pada saat penyampaian visi misi calon Rektor, diantaranya mempercepat institusionalisasi kampus mapan dan kredibel, memperkuat konsolidasi internal dan eksternal melalui harmonisasi sumberdaya dan kelembagaan.

Dalam telekonferensi live, Selain Dr Ibrahim S Fil M Fil dilantik sebagai Rektor UBB, ada 12 Pejabat Tinggi Pratama, dan tiga Pejabat Fungsional Ahli Utama, yang dilantik bersamaan oleh SekJen Kemendikbud Ainun Na'im.

Ainun meminta para pejabat yang baru dilantik untuk segera melakukan koordinasi internal. Mereka juga diminta melakukan penyesuaian tugas agar sejalan dengan program-program penanganan pandemi Covid-19, dan program kerja kementerian tetap berjalan dengan baik.

"Saya berpesan kepada para pejabat yang dilantik untuk segera berkoordinasi melaksanakan beberapa hal terkait perubahan rencana kerja dan anggaran dengan tetap mengutamakan layanan pendidikan dan kebudayaan," ujar Ainun secara live

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatangan berita acara serah terima jabatan Rektor UBB dari Dr Ir Muh Yusuf kepada Dr Ibrahim S Fil M Fil.

Dalam kesempatan yang sama, Dr Ir Yusuf MSi dalam sambutannya menyampaikan rasa gembira sudah menyiapkan kader untuk melanjutkan estafet kepemimpinannya di UBB.

“Saya merasa gembira dan bangga sudah dapat menyiapkan kader terbaik untuk melanjutkan kepemimpinan rektor UBB selanjutnya, dalam organisasi itu yang penting adalah kaderisasi,” ujarnya

Ia pun berharap Rektor yang baru ini dapat mendorong dosen maupun tenaga kependidikan untuk berprestasi dan berkarya dengan sebaik-baiknya, dan membawa UBB lebih unggul untuk menuju Universitas riset yang diakui di tingkat Internasional.

Diakhir sambutannya, Ia juga manyampaikan permintaan maaf selama menjabat sebagai Rektor UBB beserta keluarga apabila terdapat kekurangan dan kesalahan untuk dapat dimaafkan.

“Pada kesempatan ini, saya atas nama pribadi saya dan keluarga sekiranya selama saya memimpin UBB ada kekurangannya, ada kelemahannya, ada kekhilafannya, pada kesempatan ini dengan kerendahan hati dan hati yang paling dalam yang sebesarnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Rektor terpilih UBB Dr IbrahimS Fil M Fil didepan rekan media menyampaikan atas nama institusi UBB mohon doa dari komponen masyarakat dan stake holder di Babel, agar dapat bersama-sama untuk membesarkan UBB.

Diakhir acara, para tamu undangan memberikan ucapan selamat kepada Rektor UBB yang baru, serta berfoto bersama dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. (Ags/Humas)


Topik

Dr._Ibrahim,_S.Fil.,_M.Si REKTOR_UBB
. ayar