Kurma Idul Adha 1441 H, UBB Menyembelih Enam Hewan Kurban

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 03 Agustus 2020 15:25 WIB | Diupdate pada 03 Agustus 2020 15:25 WIB


Idul Adha 1441 H, UBB Gelar Pemotongan Hewan Kurban yang disaksikan langsung oleh Rektor UBB, Dr. Ibrahim, MSi., (baju hijau) bertempat di Kampus Terpadu UBB, Senin (3/8/2020).

MERAWANG, UBB - Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha bertepatan pada tanggal 13 Dzulhijjah 1441 H, Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan penyembelihan sapi dan kambing dalam program Kurma (Kurban Bersama) bertempat di parkiran basement Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Senin (3/8) pagi.

Proses penyembelihan hewan kurban dihadiri langsung Rektor UBB Dr. Ibrahim, MSi., para Wakil Rektor, pimpinan di tingkat Rektorat dan Fakultas, dosen serta tenaga kependidikan di lingkungan UBB, Dharma wanita UBB, serta beberapa mahasiswa dari Lembaga Dakwah Kampus dan BEM UBB.

Ketua Panitia Kurma UBB, Guskarnali, ST., MT., mengatakan untuk jumlah kurban tahun ini sebanyak 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang berasal sivitas UBB. Ia juga menjelaskan untuk kurban bersama ini baru digagas dari bulan Juni 2020, sehingga banyak dari keluarga besar UBB yang sudah berkurban di tempat tinggal masing-masing.

“Alhamdulillah untuk Kurma (kurban bersama) UBB yang terkumpul sampai 25 Juli 2020 yaitu untuk kurban sapi sebanyak 2 ekor, dan untuk kurban kambing sebanyak 3 orang, serta 1 kambing yang berasal dari sumbangan sukarela dari sivitas UBB," kata Guskarnali. 

Tambahnya, atas partisipasi dari para sohibul kurban ini semoga mendapatkan keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT, dan harapannya di tahun depan kurban bersama ini akan lebih banyak lagi yang berpartisipasi.

Guskarnali juga menyampaikan untuk daging kurban sendiri akan dibagikan kepada para pegawai dan petugas cleaning service yang ada di lingkungan UBB yang berhak menerimanya, serta masyarakat sekitar.

Rektor UBB Dr. Ibrahim, MSi., menyampaikan terima kasih atas kontribusi dan partisipasi dari para sohibul kurban dan panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan Kurma UBB tahun ini. Ia juga mengungkapkan pemotongan hewan kurban merupakan agenda rutin yang diselenggarakan UBB setiap tahunnya, namun beberapa tahun ini sempat terhenti.

“Terima kasih kepada semua sohibul kurban yang dengan beragam kontribusinya sudah ikut berpartisipasi di kegiatan Kurma (Kurban Bersama) UBB tahun 2020. Tradisi kurban UBB ini merupakan tradisi lama dan menahun di Universitas Bangka Belitung, sejak Prof. Bustami Rahman (Rektor Pertama UBB), dan sempat terputus beberapa tahun ini dan terhenti karena tidak ada pengelolaan atau terorganisasi dari dharma wanita maupun universitas,” tutur Ibrahim.

Ibrahim juga berharap untuk kurban di tahun yang akan datang lebih banyak lagi dosen, pegawai dan mahasiswa UBB yang berpartisipasi untuk berkurban. Ia mengakui, bahwa untuk kegiatan kurma UBB tahun ini informasinya terlambat untuk disosialisasikan kepada sivitas UBB, sehingga banyak pegawai dan dosen UBB yang sudah terlanjur berkurban di tempat tinggalnya masing-masing.

“Kita mengakui bahwa tahun ini kita terlambat untuk mensosialisasikan informasinya, sehingga banyak sohibul kurban dari keluarga UBB yang sudah lebih dulu berkurban di tempat yang berbeda atau di masjid sekitar masing-masing,” ungkapnya.

Kegiatan Kurma (Kurban Bersama) yang diagendakan panitia disambut gembira oleh seluruh sivitas UBB, dan semoga tradisi rutin ini akan menjadi sebab turunnya keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT untuk para sohibul kurban, keluarga besar UBB dan tentunya untuk kemajuan Kampus UBB kedepannya. (Ags/Humas)


Topik

Dr._Ibrahim,_S.Fil.,_M.Si REKTOR_UBB
. ayar