UBB Teken Nota Kesepahaman dengan IAIN SAS Babel

Penulis: Editor | Ditulis pada 18 Maret 2021 00:39 WIB | Diupdate pada 18 Maret 2021 00:39 WIB


MERAWANG, UBB - Rektor UBB Dr. Ibrahim, MSi., melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama (MoU) dengan Rektor Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik (IAIN SAS) Bangka Belitung, Dr. Zayadi, M.Ag., Rabu 17/3/2021 pagi.

Dalam nota kesepahaman tersebut, kedua belah pihak sepakat melakukan kerja sama dalam hal pengembangan tri dharma perguruan tinggi serta program merdeka belajar kampus merdeka. UBB dan IAIN SAS Babel juga akan bersinergi dalam berbagai hal, diataranya pertukaran dosen, pengembangan akademik dan lain sebagainya untuk peningkatan kemajuan perguruan tinggi kedepannya.

Acara penandatanganan yang dilaksanakan di Gedung Rektorat IAIN SAS Babel, Desa Petaling, Kecamatan Mendo Barat ini, Selain dihadiri oleh Rektor IAIN SAS beserta jajarannya, juga di hadiri Rektor UBB yang didamping oleh Kepala BPKKU UBB dan Sekretaris LPPM UBB.

Kedua belah pihak menyambut baik penandatanganan MoU ini dan berharap bahwa kerja sama ini dapat segera ditindak lanjuti dan di implementasikan dalam berbagai kegiatan nyata yang bermanfaat bagi masing-masing pihak.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN SAS Babel Dr. Zayadi, M.Ag., menerangkan kerja sama ini dapat dilakukan sinergifitas dengan berbagai pariabel yang ada di masing-masing institusi, walaupun menurutnya antara kedua belah pihak memiliki perbedaan karakteristik, namun dalam berbagai hal dalam pengembangan akademik, penelitian dan lainnya memiliki kesamaan.

“Kita bisa melakukan berbagai kerja sama, baik yang menyangkut bidadang akademik, penelitian, managemen dan lain sebagainya. Nah, ini yang harus kita lakukan dalam rangka kita sama-sama ingin maju dalam pengembangan universitas atau perguruan tinggi yang ada di bangka belitung ini,” terang Zayadi.

Dimana menurutnya walaupun IAIN SAS usianya lebih tua dibandingkan UBB, namun dalam berbagai hal perlu pengembangan-pengembangan dibidang lainnya yang perlu disinerkan, diantaranya trasformasi kelembagaan yang akan memacu kedua belah pihak kearah yang lebih baik lagi.

“Beberapa item nantinya, semuanya berbasis mengarah kepada pengembangan trasformasi kelembagaan, dan juga semuanya berbasis kepada akreditasi dalam rangka menuju kualitas perguruan tinggi yang akan menjadi salah satu indikator kualitas dari perguruan tinggi, dan itu tidak bisa kita ditawar-tawar,” tegasnya.

Lebih lanjut, dari berbagai pariabel dan item-item kerja sama yang bisa dilakukan oleh kedua belah pihak diharapkan dapat terealisasi dengan baik kedepannya. Sehingga persiapan-siapan yang dapat dilakukan oleh masing-masing pihak dapat direncanakan dan disepaki oleh unit-unit kerja yang lain.

Dikesempatan yang sama, Rektor UBB Dr. Ibrahim, MSi., menyambut hangat kerja sama yang terjalin antara UBB dengan IAIN SAS, meski pun padasarnya antara kedua belah pihak sudah bersinergi sejak lama dan sudah terjalin dengan sangat baik, namun menurut Ibrahim ini hanya sebagai formalitas untuk kebutuhan administrasi saja.

“Kesempatan hari ini juga, mudah-mudahan mengawali kerja sama yang lebih luas, dan harapan kami mudah-mudahan tidak sekedar MoU, tapi nanti mungkin ada beberapa perjanjian kerja sama yang bisa kita wujudkan,” tutur Ibrahim.

Tambahnya, kerja sama kelembagaan merupakan hal yang paling perlu dan saling berbagi, serta belajar dalam berbagai hal, karena menurutnya dengan kondisi pandemi tentu banyak paraturan-peraturan yang menuntut institusi untuk beradaptasi dengan kemajuan informasi dan teknologi. Tidak hanya itu, Ibrahim juga berharap bisa melakukan kegiatan bersama dalam hal penerimaan mahasiswa baru kedepannya.

Daiakhir sambutanya, Ibrahim juga menjelaskan kerja sama kedepan mungkin tidak lagi selalu berorientasi kepada kerja sama yang sifatnya fisik, namun kerja sama yang sifatnya digitar perlu kita dorong secara bersama-sama, untuk menghadapi reformasi teknologi dalam pendidikan. (Ags/Humas)


Topik

REKTOR_UBB MOU_KERJASAMA
. ayar