“Prodi MSP UBB Laksanakan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Team Based Project pada program Case Method Center of Excellence (CoE) MBKM”

Penulis: Editor | Ditulis pada 02 Juli 2021 18:03 WIB | Diupdate pada 02 Juli 2021 18:03 WIB


Pangkalpinang, UBB. Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan melaksanakan kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis team based project dan case method dengan nama program Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Cordela Hotel, Pangkalpinang (Jumat, 02 Juli 2021).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, UBB yaitu Dr. Sri Rahayu, S.H., M.H, Ketua LP3M UBB yaitu Bapak M. Jumnahdi, S.T., M.T., dan Ketua Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan yaitu Dr. Sudirman Adibrata, S.T., M.Si,. Adapun tim pada kegiatan ini melibatkan seluruh dosen dan tenaga pendidik dari program studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Dengan ketua program Center of Excellence (CoE) MBKM yaitu Kurniawan, S.Pi., M.Si.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor II ibu Dr. Sri Rahayu, S.H., M.H,. Pada sambutannya juga menyampaikan saran terhadap progam Center of Excellence (CoE) MBKM bahwa capaian pembelajaran untuk mahasiswa perlu diperhatikan didalam program" MBKM. Dalam instrumen penilaian harus memasukkan instrumen penilaian  kognitif, afektif, dan psikomotorik, Ungkapnya.

Ketua LP3M UBB dalam sambutannya juga menyampaikan perlunya ada penyusunan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) untuk penyesuaian kurikulum MBKM. Selain itu, diperlukan log book untuk mengakomodir seluruh kegiatan MBKM, Ungkap M. Jumnahdi.

 “Ketua tim pada program Center of Excellence (CoE) menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari kegiatan ini tentunya untuk mempercepat pelaksanaan MBKM. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang diluncurkan oleh Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Salah satu tujuan dari program ini yaitu untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahaasiswa di dunia kerja.

Selain itu, harapannya kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi program studi lainnya dalam upaya pelaksanaan Program MBKM. Adapun program implementasi Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  yaitu pertukaran mahasiswa, riset, kewirahusaan, dan magang pada berbagai instansi” Ungkap Kurniawan, S.Pi., M.Si,.

Dr. Sudirman Adibrata, S.T., M.Si., menyampaikan bahwa  program MBKM ini sudah melaksanakan kegiatan seperti audiensi ke perguruan tinggi lainnya seperti STIE PERTIBA, STISIPOL Pahlawan XII, dan akan ke UNMUH Bangka Belitung.  Pada tahun sebelumnya juga telah menyelesaikan penyusunan kurikulum MBKM, ujarnya.

Acara ini juga ditutup langsung oleh Ketua Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Universitas Bangka Belitung.


Topik

MSP_UBB
. ayar