Sambut Maba, FPPB Tanamkan Nilai Etika dan Sikap 5

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 17 Agustus 2018 18:30 WIB | Diupdate pada 17 Agustus 2018 18:30 WIB


MERAWANG, UBB – Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Bahasiswa Baru (PKKMB) yang diselenggarakan disetiap Fakultas selama 2 (dua) hari dari tanggal 15-16 agustus dengan berbagai ciri khas masing-masing. Begitupula halnya dengan Fakultas Pertanian,  Perikanan dan Biologi  (FPPB) Universitas Bangka Belitung (UBB) menyambut mahasiswa baru (Maba) dengan menanankan nilai-nilai etika, serta sikap 5 S (senyum,  sapa,  salam,  sopan dan santun).

Kehidupan kampus merupakan kehidupan insan akademis yang bercirikan dinamika ilmiah yang tinggi, bernuansa etika kepribadian Pancasila dan Ketuhanan Yang Maha Esa, yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab untuk mengemban tugas membangun budaya ilmiah mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi.

Acara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru FPPB, dihadiri Dekan, Wakil Dekan 1, para Ketua Jurusan, dosen dan staf FPPB, Panitia, DPM serta Himpunan Mahasiswa (HIMA) yang ada dilingkungan Fakultas FPPB UBB. 

Pembukaan PKKMB tingkat fakultas secara resmi ditandai dengan adanya pelepasan balon, serta materi yang membahas salah satunya mengenai Visi Misi serta selayang pandang tentang FPPB, yang disampaikan oleh Wakil Dekan 1 FPPB Wahyu Adi,S.Pi., M.Si. Ia juga berharap maba dapat mengedepankan etika dan moral dalam kehidupan kampus, dan memiliki potensi keilmuan yang membanggakan.

“Sehinga pada akhirnya, lulusan dari setiap jurusan yang ada di FPPB UBB memiliki kompetensi dan kepribadian yang mulia sesuai dengan tuntutan profesinya masing-masing, dan nantinya dapat memberikan kebanggaan bagi almamater tercinta,” ungkap Adi.

Salah satu panitia PKKMB FPPB Ichi, menyampaikan rangkaian acara diisi dengan perkenalan jajaran yang ada di tingkat Fakultas, Jurusan serta organisasi kemahasiswaan, kemudian dilanjutkan dengan dinamika kelompok, yaitu pengakraban diri antar anggota kelompok, serta keliling FPPB untuk mengenalkan berbagai hal yang ada dilingkungan FPPB dengan menerapkan sikap 5 S (senyum,  sapa,  salam,  sopan dan santun) kepada Maba.

"Berbagai acara untuk PKKMB FPPB telah dilaksanakan, salah satunya diisi oleh pihak Fakultas, Jurusan, serta DPM Fakultas yang membahas tentang organisasi kemahasiswaan.  Di mana bertujuan untuk memberikan informasi kepada MABA tentang organisasi yang ada di UBB," tutur Ichi.

"Acara dilanjutkan dengan dinamika kelompok, yaitu pengakraban diri antar anggota kelompok, serta keliling FPPB untuk mengenalkan berbagai hal yang ada di FPPB," tambahnya.

Berkaitan dengan tantangan besar bangsa yang dihadapi, perlunya menumbuhkan kembali nilai-nilai etika dalam kehidupan kita. Materi yang diisi setiap jurusan dan ormawa selalu menekankan berbagai hal kepada maba terkait etika terhadap berbagai pihak.

Oleh karena itu, betapa pentingnya nilai-nilai etika dalam kehidupan mahasiswa. Mahasiswa sebagai harapan bangsa, generasi-generasi penerus estapet pembangunan, haruslah membumikan bahwa etika dijadikan sebagai salah satu alat kontrol atau menjadi rambu-rambu dalam berkehidupan sehari-hari. (lpm/Humas)


Topik

Dr.Tri_Lestari,_S.P.,_M.Si FPPB_UBB PKKMB