125 Siswa dan 34 Guru SMKN 1 Mendobarat Kunjungi FPPB UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 19 Oktober 2018 22:52 WIB | Diupdate pada 20 Oktober 2018 06:04 WIB


KULTUR JARINGAN --  Dekan FPPB UBB Tri Lestari (nomor dua dari kiri) memberikan cinderamata berupa tanaman hias kultur jaringan kepada guru SMK Negeri  1 Mendo Barat,  Kamis  (18/10/2018) siang.

BANGKA, UBB -- Sebanyak 125 siswa dan 34 guru SMK Negeri 1 Mendobarat berkunjung ke Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Belitung (UBB) di Balunijuk, Merawang, Kamis (18/10/2018) Siang.

Menggunakan empat bus, siswa dan guru SMK Negeri 1 Mendobarat itu tiba di kampus Terpadu UBB pukul 01.30 wib. Mereka langsung disambut Dekan FPPB Dr Tri Lestari MSi dan Wakil Dekan(Wadek) 1 Wahyu Adi SPi MSi di Ruang Kelas FPPB.

Tri Lestari  dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada siswa dan guru SMK Negeri 1 Mendobarat yang memilih UBB,  khususnya FPPB, sebagai tempat  belajar dan menggali ilmu.

Dikemukakan Tri Lestari, UBB memiliki lima fakultas,  yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan FPPB.

Di  FPPB  menurut Tri Lestari ada lima jurusan,  yakni   Agroteknologi, Agribisnis, Biologi, Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP), dan Budidaya Perairan (BDP)

“Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi itu  diibaratkan fakultas makhluk hidup; mempelajari tanaman, ikan, seranga dan lain sebagainya,” tukas Tri Lestari.

Wahyu Adi menambahkan ruang lingkup mata kuliah  di  FPPB  UBB itu  berhubungan dengan jurusan yang ada di SMK Negeri 1 Mendo Barat,  yaitu perternakan, pertanian dan multimedia.

Peternakan sambung Wahyu  bisa terkait dengan Jurusan Agroteknologi.    Jurusan ini   pernah meneliti   pelepah daun  sawit dan sorgum  sebagai pengganti pakan sapi.

“Pertanian bisa terkait dengan Jurusan Agroteknologi, Agribisnis dan Biologi,  semuanya  yang mengurusi ruang lingkup tanaman,” tukas Wahyu.

Sedangkan   jurusan multimedia, lanjut Wahyu,  bisa terkait dengan Laboratorium Agribisnis yang mempunyai ruang komputer.

Sementara itu Heriyadi selaku Ketua Pelaksana field trip dan Ketua Program Studi Multimedia SMK Negeri 1 Mendo Barat  mengucapkan terima kasih dengan diterimanya mereka berkunjung di UBB khususnya di FPPB.

“Terimakasih atas sambutan yang sangat luar biasa untuk kedatangan kami ke UBB khususnya di FPPB,  semua ini   sangat berkesan untuk kami,” ujar Heriyadi.

Mengenai kunjungan ke UBB ini,  Heriyadi  menjelaskan tujuannya untuk   meningkatan wawasan dan  syarat  kompetensi khususnya bagi siswa  jurusan multimedia, pertanian dan pertenakan.

“Setelah kunjungan ini kami  akan menindaklanjuti dengan  membuat  kerja sama dengan pihak UBB, sehingga siswa kami dapat melakukan kerja praktik di sini (UBB,red),” ulas Heriyadi.

Kamis siang itu siswa dan guru SMK Negeri 1 Mendobarat, didampingi Dewi Astuti (Kasubag AKK FPPB) mengunjungi setiap Laboratorium Dasar,  Laboratorium Biologi, Laboratorium Agroteknologi, Laboratorium Manajamen Sumberdaya Perairan,  dan  Laboratorium Budidaya Perairan.    

 Pada setiap kunjungan mereka ke  laboratoium, siswa dan guru SMK Negeri I Mendo Barat    mendapat penjelasan dari  petugas  laboratorium.

 Siswa dan guru juga mereka diarahkan ke laboratorium lapangan FPPB,  yaitu hatchery (pembenihan) dan Kebun Percobaan dan Penelitian (KP2) FPPB.

Tri Lestari mengemukakan, UBB  memiliki luas 150 hektar.  FPPB terbanyak  menggunakan lahan UBB sebagai  lahan penelitian dan praktik.

“Nantinya di atas lahan  seluas 10 hektar direncanakan ditanami buah-buahan. Kerja sama UBB itu dilakukan  dengan BPDAS,” terang Tri Lestari.

Dikemukakannya, hingga Nopember  2018 FPPB telah kali dikunjungi siswa dan guru SLTA di Bangka Belitung.  

Pukul 16.00 wib, siswa dan guru SMK Negeri 1 Mendobarat meninggalkan kampus UBB.   Sebelumnya mereka berfoto bersama di Tugu Tiga Pena,  sebagai kenangan-kenangan kunjungan mereka ke UBB.

Pada bagian sambutannya Tri mengemukakan  sivitas akademika UBB  menyambut baik  rencana  SMK Negeri 1 Mendobarat mengirimkan 10  siswanya melakukan   praktik kerja industri (Prekerin) di FPPB.

“Silakan kirim siswa itu  ke UBB.   Kami menyambut baik.   Lama praktik kerja itu tergantung pihak sekolah.  Kami  berharap lama praktik selama  tiga bulan, agar siswa dapat  terlibat dan melihat  langsung dari pembibitan hingga panen,” ujar Tri Lestari  (Ari Riski, Eddy Jajang J Atmaja)


Topik

FPPB_UBB Dr.Tri_Lestari,_S.P.,_M.Si