Biology Zone 4rd, Menciptakan Generasi Muda yang Mampu Berfotosintesis Berjiwa Ilmiah

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 30 Oktober 2018 08:22 WIB | Diupdate pada 30 Oktober 2018 08:22 WIB


Gunting Pita - Dekan FPPB, Dr. Tri Lestari, SP., MSi., gunting pita diacara pembukaan 4rd Biology Zone, bertempat dihalaman gedung Babel 3, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Senin (29/10/2018).

MERAWANG, UBB - Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali mengadakan kegiatan tahunan yakni 4rd Biology Zone dengan mengusung tema “Menuju Generasi Muda Indonesia Yang Mampu Ber-Fotosintesis (Find Out the Scientific Soul)”, bertempat dihalaman gedung Babel 3, Kampus Terpadu UBB, Senin (29/10/2018).

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari kedepan (29-31/10) dibuka langsung oleh Dekan FPPB, Dr. Tri Lestari, SP., MSi., yang dihadiri Ketua Jurusan Biologi, Dr.Eddy Nurtjahya, M.Sc., Dosen dan Staf Jurusan Biologi, Ketua HIMA dari FPPB dan diikuti oleh seluruh Mahasiswa Jurusan Biologi, tamu undangan serta peserta lomba Biozone ke-4.

Panitia Pelaksana Biology Zone, Hajrun Nurtami Dinata mengatakan Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan Himabio, dan berbagai macam rangkaian perlombaan yang akan digelar dari tingkat TK (taman kanak-kanak) hingga Umum. Dirinya menuturkan terdapat 8 (delapan) lomba yang akan dilaksanakan, diantaranya lomba mewarnai, baca puisi, cerdas cermat, olimpiade biologi tingkat pelajar se-wilayah Bangka, karya tulis ilmiah, Lomba fotografi, desain poster, lomba debat, bazzar, pameran Mahasiswa Biologi dan bakti sosial berupa donor darah.

“Acara ini dilangsungkan pada tanggal 23 s.d 31 Oktober 2018, dengan mengusung beberapa perlombaan dari beberapa tingkatan, yakni TK, SD, SLTP, SLTA, serta ada juga untuk umum. Jumlah peserta yang mengikuti dan berpartisipasi sekitar 200 peserta dari beberapa perlombaan dan juga kegiatan open biologi,” terang Hajrun.

Hal senada disampaikan Ketua Himabio, Jodi Surya prawira merasa bangga kepada panitia yang telah merancang acara sedemikian rupa dengan anggaran yang hemat. Didepan tamu undangan yang dinominasi oleh pelajar SLTA, Jodi mengenalkan jurusan biologi yang telah terakreditasi B.

Ia juga menambahkan, saat ini jurusan biologi sedang mempersiapkan diri untuk menuju terakreditasi A, dan mengajak para pelajar untuk bergabung nantinya dikeluarga besar biologi FPPB .

“Jurusan Biologi untuk sekarang telah terakreditasi B, dan cita-cita kami akan menuju terakreditasi A. Jadi untuk adik-adik sekalian, kami akan menunggu kalian untuk bergabung di keluarga besar biologi UBB,” ungkapnya.

Dekan FPPB, Dr. Tri Lestari, SP., MSi., sangat apresiasi acara ini dimana bertepatan juga dengan peringatan hari sumpah pemuda ke-90. Dengan tema berfotosintesis ini pemuda pemudi bisa memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara, serta menciptakan generasi muda yang mampu berfotosintesis menjadi generasi berjiwa ilmiah.

“Semoga dengan acara berfotosintesis ini, semua pemuda juga bisa bersumbangsih, bisa berprestasi lebih baik untuk bangsa dan negara ini,” tutur Tri Lestari.

Nampak dilapangan para pengunjung ramai untuk melihat Bazzar dan hasil kreatifitas dari tangan-tangan terampil mahasiswa UBB yang dipajang di stand-stand yang telah disiapkan panitia, serta beraneka ragam olahan makanan berupa jajanan kue, manisan, hasil tanaman hidroponik, dan lain-lainnya.

Panitia juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang turut mensukseskan acara ini, diantaranya Rektorat UBB, Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi, donatur dari alummi Jurusan Biologi, KSR PMI, UKM Koper, UKM Gemma Harmoni, sun clinic, dan Kementrian Perdagangan RI. (Ags/Humas)


Topik

FPPB_UBB Biologi_UBB