Peran Serta Mahasiswa dalam menjaga kamtibmas di Bangka Belitung

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 24 April 2019 12:57 WIB | Diupdate pada 24 April 2019 12:57 WIB


FGD— Kegiatan FGD, Kasubdit Polmas Polda Bangka Belitung Kompol Bim Rekoaji SE memberikan pemaparan kepada mahasiswa UBB, tentang Peran Mahasiswa Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

MERAWANG, UBB— Kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) yang diinisiasi oleh Polda Bangka Belitung bekerja sama dengan Universitas Bangka Belitung (UBB) dengan judul “Peran serta Mahasiswa mahasiswi Universitas Bangka Belitung dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat”.

FGD menghadirkan dua narasumber dari Polda Kepulauan Bangka Belitung. Dua narasumber tersebut, yakni Kasubdit Polmas Polda Bangka Belitung Kompol Bim Rekoaji SE dan Aipda Miryawansyah SH SPd I. Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 100 Mahasiswa UBB itu diselenggarakan di Ruang Rapat Besar Rektorat UBB, Selasa (23/04/2019) Pagi.

Dalam sambutannya, Kasubdit Polmas Polda Bangka Belitung Kompol Bim Rekoaji SE menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap peran serta mahasiswa dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtibmas).

“Kegiatan hari ini dari Kasubdit Polmas adalah kepolisian masyarakat yakni bentuk strategi kepolisian dalam rangka bersinergi dengan masyarakat menciptakan rasa aman secara bersama, sifatnya mayarakat bukan sebagai objek subjek akan tetapi bagaimana polisi setara dengan masyarakat, untuk sama sama menciptakan keamanan dan rasa aman kepada masyarakat,” Ujar Rekoaji.

Pembicara Kasubdit Polmas Polda Bangka Belitung, Kompol Bim Rekoaji SE, dalam FGD meminta peran aktif dari mahasiswa dalam menjaga Kamtibmas baik di kampus maupun di luar kampus.

Dalam Kesempatannya, Binmas Polda Bangka Belitung,  Mirta, menyampaikan kata pengantar membuka diskusi tanya jawab, membuka pola pikir mahasiswa sebagai mitra, peran penting dalam bermasyarakat menjaga Kamtibmas.

“Ideologi kita Pancasila mengikat, mengikat satu kebersamaan bahwasanya kita adalah bagian daripada indonesia dimana kita dalam satu naungan, sebagai warga negara yang baik ,pendekatan perwakilan yang harus ada dalam diri kita yakni-- olah hati ( beriman, jujur, amanah),-- olah rasa ( ramah, saling menghormati, toleransi peduli),-- olah raga (bersih, sehat, disiplin, sportif tangguh), dan olah pikir (cerdas, inovatif, kreatif),” Ujar Mirta

Diskusi Grup Diskusi berjalan dengan lancar, besarnya antusias mahasiswa berdiskusi tanya jawab dengan narasumber ahli dari polda Bangka Belitung tentang masalah masalah yang keamanan dan ketertiban yang terjadi di Bangka Belitung.

Wakil Rektor I UBB Dr Nizwan Zukhri SE MM, dalam sambutannya sekaligus membuka Kegiatan FGD menyampaikan “ Dengan adanya FGD ini mahasiswa dapat berdiskusi langsung dengan narasumber, mahasiswa berperan sebagai mitra membantu polmas memecahkan permasalahan-permasalahan ketertiban dan keamanan di kepulauan bangka belitung”. (Ari Rizki/Humas UBB)


Topik

Wakil_Rektor_II_UBB Fakultas_Hukum_UBB
. ayar